Apa Itu Oligopoli?

Apa Itu Oligopoli? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Oligopoli adalah keadaan suatu pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang melakukan kegiatan penjualan barang sehingga memengaruhi harga pasar. Oligopoli termasuk ke dalam bentuk persaingan yang tidak sempurna karena hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan banyaknya pembeli di pasar.

Oligopoli dapat dihasilkan dari berbagai bentuk kolusi yang mengurangi persaingan pasar yang kemudian mengarah pada harga yang lebih tinggi bagi konsumen dan upah yang lebih rendah bagi karyawan oligopoli. Dalam situasi ini, oligopolis bertindak seperti monopoli dan pada akhirnya mendapatkan kekuatan pasar.

Baca Juga: Apa Itu Obligasi?

Oligopoli dalam sejarah termasuk produsen baja, perusahaan minyak, rel kereta api, dan lain-lain. Perusahaan dalam oligopoli menetapkan harga, baik secara kolektif—dalam kartel—atau di bawah kepemimpinan satu perusahaan, daripada mengambil harga dari pasar. Margin keuntungan dengan demikian lebih tinggi daripada di pasar yang lebih kompetitif.

Kondisi yang memungkinkan terjadinya oligopoli termasuk biaya masuk yang tinggi dalam pengeluaran modal, hak istimewa hukum, dan platform yang memperoleh nilai dengan lebih banyak pelanggan.

Pemerintah terkadang menanggapi oligopoli dengan undang-undang yang melarang penetapan harga dan kolusi. Namun, kartel dapat menetapkan harga jika mereka beroperasi di luar jangkauan atau dengan restu pemerintah.

OPEC adalah salah satu contohnya karena ini adalah kartel negara-negara penghasil minyak tanpa otoritas. Sebagai alternatif, dalam ekonomi campuran, oligopoli sering mencari dan melobi kebijakan pemerintah yang menguntungkan untuk beroperasi di bawah regulasi atau bahkan pengawasan langsung dari lembaga pemerintah.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini