Milenial Ini Sukses Meraup Miliaran Rupiah dari Cryptocurrency

Milenial Ini Sukses Meraup Miliaran Rupiah dari Cryptocurrency Kredit Foto: Ferry Hidayat

Perjalanan hidup seseorang memang tidak bisa ditebak. Seperti halnya anak muda kelahiran 9 Juli 1999 bernama Ryandi Julian Al Maulid ini. Tak ada yang menyangka jika di usianya yang masih muda, dirinya berhasil membukukan keuntungan lebih dari Rp4,5 miliar dari bisnis yang dilakukannya.

Lalu, apa yang dikerjakannya? Julian menjadi trader cryptocurrency. Diakuinya, ia berlatar belakang dari keluarga biasa, bahkan bisa dikatakan dari kalangan menengah ke bawah. Namun takdir kemudian mengenalkannya pada dunia bitcoin pada 2017. "Mata uang kripto telah mengubah hidup saya 180 derajat," sebut pria asal Bogor, Jawa Barat ini.

Tentu untuk sukses di bidang tersebut juga tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan belajar terus menerus agar tidak merugi. Hebatnya, Julian lebih memilih untuk belajar secara otodidak. 

"Saya sadar, berkarier dan berinvestasi di dunia crypto ini berisiko sangat tinggi. Hal itu membuat saya harus lebih ahli dalam menganalisa dan memutar keuangan saya pada crypto," sebutnya.

Menurut Julian, memang pada awalnya tidak mudah untuk mencari keuntungan atau profit. Bahkan, dirinya sendiri harus merasakan kerugian hingga minus 70 persen dari semua asetnya pada 2018–2019. Namun bukan Julian, kalau harus menyerah sebelum perang usai. "Saya tetap tidak menyerah. Saya cari mata uang kripto lain (biasa disebut Altcoin atau Alternatif Coin) yang berpotensi untuk naik hingga lebih dari 100 persen," ujar dia.

Pada 2019, Julian sempat terpuruk hingga harus keluar kuliah pada semester 5 karena keuangan tidak stabil. Namun dirinya percaya, ia bisa mencapai  sukses dalam dunia yang digelutinya. 

Nah, mulai awal 2020 secara perlahan bitcoin mulai merangkak dari harga Rp80 juta hingga Rp950 juta. Hal tersebut membuat Altcoin juga meningkat ribuan persen. "Pada saat saya membeli SHIBA INU dan SafeMoon, 2 Altcoin tersebut naik hingga lebih dari 10.000 persen di awal 2021. Kenyataan itu membuat saya mendapatkan keuntungan lebih dari Rp4,5 miliar."

Sebagai trader crypto berprofit miliaran hanya dalam waktu satu bulan, Julian bercerita jika dirinya awal mula membeli koin Shiba Inu sebesar Rp25 juta dan SafeMoon Rp20 juta pada Februari dan Maret. "Lalu tiba-tiba harga meroket lebih dari 10.000 persen. Saya mendapatkan profit lebih dari Rp2,5 M pada SHIBA & Rp2 M pada SafeMoon," ungkapnya.

Ke depan, Julian optimis kisah kesuksesannya akan terus berlanjut. "Saya terus berusaha untuk mencapai target yang saya tentukan dan bisa membangun startup berbasis kripto hingga dapat membuka banyak lapangan pekerjaan. Oleh sebab itu, saya akan terus mengenalkan cryptocurrency pada seluruh masyarakat," demikian Julian.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini