Soal PPKM, Pemerintah Daerah Harus Gerak Cepat Salurkan Bansos!

Soal PPKM, Pemerintah Daerah Harus Gerak Cepat Salurkan Bansos! Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah Daerah harus bergerak cepat dalam menindaklanjuti pemberlakuan PPKM darurat yang saat ini berganti nama menjadi PPKM level 4. Salah satunya dalam memberikan bantuan sosial untuk mencegah dampak yang akan dirasakan masyarakat.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, pemerintah daerah harus cepat tanggap dalam memberikan stimulus bagi masyarakat selama pemberlakuan PPKM yang dimulai sejak 3 Juli kemarin. Pasalnya, kebijakan tersebut akan berdampak terhadap perekonomian warga meski sangat tepat untuk menekan penyebaran virus korona.

"Sektor kehidupan ekonomi mikro terganggu. Pedagang pasar tradisional, di pinggir jalan, bahkan ekonomi besar pun terganggu. Gejolak ini, aspirasi ini harus dipahami, didengar pemerintah," kata Saan Mustopa saat meresmikan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan partai tersebut di seluruh Jawa Barat, Kamis (22/7/2021).

Saan menegaskan pemerintah daerah seharusnya bisa lebih cepat dalam menyalurkan bantuan sosial dengan menggunakan data kependudukan terdahulu dalam menentukan warga yang berhak mendapat bantuan sosial.

"Sebetulnya kita punya data awal, ketika covid pertama ada di Indonesia. Apakah data awal masih layak mendapatkan bantuan, apakah ada penambahan baru. Sehingga bisa cepat dilakukan tindakan untuk yang terdampak," tegasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini