Indonesia Dapat Sokongan Asian Development Bank Demi Capai Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia Dapat Sokongan Asian Development Bank Demi Capai Pertumbuhan Ekonomi Kredit Foto: File/Financial Express

Presiden Asian Development Bank (ADB) mengatakan pihaknya mendukung Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dukungan itu, katanya, akan dilakukan melalui berbagai langkah dan upaya.

"ADB akan sepenuhnya mendukung Indonesia melalui operasi pengetahuan dan kemitraan kami yang berdaulat, dan sektor swasta," kata Masatsugu Asakawa dalam International Climate Change Conference (ICCC) yang digelar secara daring di Jakarta, dikutip laman Antara, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: PPKM Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Salah satu bentuk dukungan ADB, kata Asakawa, adalah dengan memberikan pendanaan untuk pembangkit energi hijau. Rencana ini juga sekaligus mendukung mewujudkan ekonomi rendah karbon.

ADB bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia memberikan dukungan pada pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT). Ini seiring dengan pembangkit listrik batu bara yang dihentikan.

"Kami juga telah menyediakan pembiayaan untuk proyek panas bumi dan surya," ujar dia.

Selanjutnya ADB mendukung peningkatan obligasi hijau yang berkelanjutan dengan mendorong PT PLN (Persero) untuk mulai menerbitkan obligasi berkelanjutan tersebut.

"Kami juga berencana untuk mendirikan pusat ekonomi biru di wilayah Indonesia," katanya.

Selain itu ADB turut mendukung rencana Pemerintah Indonesia dalam mengenakan pajak karbon yang saat ini sedang dibahas dalam RUU tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini