Uang Rp1.168 Triliun Siap Dikucurkan ADB buat Pendanaan Iklim, Ini Penjelasannya

Uang Rp1.168 Triliun Siap Dikucurkan ADB buat Pendanaan Iklim, Ini Penjelasannya Kredit Foto: File/Financial Express

Asian Development Bank (ADB) menyatakan menyediakan 80 miliar dolar AS atau Rp1.168 triliun secara kumulatif untuk pendanaan iklim dari 2019 hingga 2030.

“ADB menyediakan setidaknya 80 miliar dolar AS dalam pendanaan iklim dari 2019 hingga 2030 secara kumulatif,” kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa dalam International Climate Change Conference (ICCC) secara daring di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: Indonesia Dapat Sokongan Asian Development Bank Demi Capai Pertumbuhan Ekonomi

Asakawa menuturkan dana tersebut digunakan untuk membantu negara berkembang anggota dalam upaya mencapai net zero emission dan pembangunan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Ia menjelaskan Asia Pasifik bertanggung jawab atas lebih dari 50 persen emisi gas rumah kaca global dan pada saat yang sama kawasan ini juga sedang menghadapi dampak perubahan iklim.

Ia menyebutkan beberapa langkah respons negara anggota dalam menanggulangi hal itu adalah dekarbonisasi secara cepat, adaptasi perubahan iklim, dan pembangunan ketahanan.

Di sisi lain, upaya tersebut membutuhkan kerja sama internasional serta keuangan publik dan swasta yang kuat terutama di tengah pandemi COVID-19 yang menyebabkan ruang fiskal terbatas.

“Menerapkan ini dalam keadaan saat ini akan menjadi tantangan terutama karena ruang fiskal yang terbatas yang dimiliki negara-negara anggota berkembang sebagai akibat dari pandemi,” tegasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini