Anies Baswedan Punya Aturan Berbeda, Harap Disimak!

Anies Baswedan Punya Aturan Berbeda, Harap Disimak! Kredit Foto: GenPI

Anies Baswedan membuat Keputusan Gubernur Nomor 925 Tahun 2021 soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 covid-19. Aturannya sedikit berbeda dengan Inmendagri.

Anies menjelaskan, bahwa akan ada beberapa aturan untuk perbatasan tersebut, mulai dari pasar tradisional yang dibuka dengan jam operasional tertentu dan kapasitas setengahnya.

Baca Juga: Anies: Penegakan Hukum Jangan Dijalankan secara Tajam ke Bawah, Tumpul ke Atas

"Jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 13.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat," jelas Anies, Kamis (22/7).

Pasalnya, ketentuan tersebut berbeda dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 terkait PPKM Level 4 covid-19 wilayah Jawa dan Bali.

Inmendagri menetapkan, bahwa jam operasional pasar tradisional akan mengikuti jam buka supermarket, toko kelontong hingga pasar syawalan hingga pukul 20:00 WIB.

Menurutnya, Anies lebih baik pasar tradisional buka pukul 13.00 WIB sedangkan supermarket dan pasar swalayan akan mengikuti Inmendagri, beroperasional hingga pukul 20:00 WIB.

Sementara itu, Anies juga masih belum mengizinkan mall atau pusat berbelanjaan lain seperti restoran beroperasional secara dine in. Untuk restoran masih melayani delivery atau take away.

"Pusat perbelanjaan, mal, pusat perdagangan ditutup sementara," jelasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini