China Tingkatkan Aktivitas di Sepanjang Perbatasan, Angkatan Darat India Bersiaga

China Tingkatkan Aktivitas di Sepanjang Perbatasan, Angkatan Darat India Bersiaga Kredit Foto: Reuters/Danish Ismail

Militer China telah meningkatkan aktivitasnya di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) di daerah Barahoti di Uttarakhand. Pergerakan di pihak China di daerah itu dilaporkan telah terlihat setelah jeda lebih dari enam bulan.

Menurut sumber pemerintah, sekitar 40 tentara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) baru-baru ini terlihat berpatroli di sepanjang LAC di Barahoti.

Baca Juga: Dialog Buntu, Posisi Terdesak China, India Pilih Uji Tembak Rudal Generasi Baru Akash-NG

“Sekitar 40 tentara China datang ke daerah sepanjang LAC di Barahoti. Pasukan PLA terlihat di daerah itu setelah waktu yang lama,” kata sumber tersebut, dilansir India Today, Kamis (22/7/2021).

Mengingat perkembangan terakhir di sepanjang LAC, sektor sentral mungkin melihat aktivitas China yang meningkat dalam waktu dekat tetapi semua persiapan telah dilakukan untuk menghadapi situasi tersebut, sumber menambahkan.

China juga meningkatkan aktivitas di pangkalan udaranya di dekat Barahoti di mana sejumlah drone dan helikopter telah beroperasi, kata sumber tersebut.

Pasukan India dilaporkan memindahkan dan mengerahkan pasukannya di sektor tersebut di Uttarakhand tahun lalu untuk menghindari skenario seperti Ladakh. India telah menempatkan pasukan tambahan di sektor tengah dan formasi belakang telah maju di sana, kata sumber tersebut.

Barahoti telah melihat beberapa pelanggaran di masa lalu dan diklaim oleh China sebagai bagian dari wilayah mereka.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini