Satgas Soroti Kasus Kematian Covid-19 Lebih dari Seribu Selama 6 Hari Berturut-turut

Satgas Soroti Kasus Kematian Covid-19 Lebih dari Seribu Selama 6 Hari Berturut-turut Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti kasus kematian Covid-19 yang melebihi 1.000 orang per harinya selama 6 hari berturut-turut. Hal ini justru bertolak belakang dengan kasus positif yang menunjukkan penurunan.
 
“Ini tidak bisa ditoleransi lagi karena ini bukan sekadar angka. Di dalamnya ada keluarga, kerabat, kolega, dan orang-orang tercinta yang pergi meninggalkan kita,” kata Wiku dalam keterangan pers virtual, Kamis (22/7/2021).
 
Menurut Wiku, kasus kematian yang masih tinggi merupakan salah satu masalah yang perlu difokuskan.
 
“Angka kematian yang cenderung mengalami peningkatan selama 7 hari terakhir ini patut dijadikan refleksi kita bersama.”
 
Berdasarkan data Satgas Covid-19, per 22 Juli 2021 kasus kematian baru yang dilaporkan berjumlah 1.449 orang.
 
Oleh sebab itu, Wiku meminta upaya testing dan tracing virus Covid-19 perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Ia mengatakan jumlah orang yang melakukan tes Covid-10 dalam 4 hari terakhir cenderung mengalami penurunan.
 
"Perlu segera dikejar untuk meningkat kembali. karena semakin tinggi testing, semakin banyak kasus terdeteksi dan ditangani sejak dini," terangnya.
 
Penanganan pasien Covid-19 sejak dini diharapkan dapat meminimalisir risiko terjadinya kasus gejala berat hingga kematian. Dengan demikian, kasus kematian Covid-19 bisa dihindari.
 
"Kasus positif yang turun dan kesembuhan yang meningkat harus diikuti dengan kematian yang turun pula," tukasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini