"Ini Soal Perut Rakyat", Puan Minta ke Pemerintah Agar Bansos Tersalurkan kepada yang Berhak

"Ini Soal Perut Rakyat", Puan Minta ke Pemerintah Agar Bansos Tersalurkan kepada yang Berhak Kredit Foto: Kemensos

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah memastikan bantuan sosial (bansos) untuk rakyat yang terdampak pandemi COVID-19 benar-benar tersalurkan kepada yang berhak dan tepat sasaran.

"Percuma ada beragam kebijakan bahkan pembatasan mobilitas rakyat, kalau program-program di lapangan dijalankan ala kadarnya saja, apalagi yang terkait dengan perut rakyat," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menyoroti pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (21/7) bahwa bantuan sosial untuk desa banyak tertahan di pemerintah daerah.

"Bagaimana mau membangun kepercayaan rakyat bila pelaksanaan di lapangan seperti itu," ujar Puan.

Dia menilai untuk penanganan COVID-19 di lini kesehatan bisa berjalan optimal, pembatasan mobilitas adalah salah satu langkah penting sambil menanti vaksinasi menjangkau 70 persen populasi.

"Namun, pada saat yang sama, rakyat yang sebagian besar tidak punya kelonggaran finansial untuk kehidupan sehari-hari juga tetap harus dijamin kehidupannya," ujarnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini