Habib Rizieq Disebut Lumpuh Total, Faktanya...

Habib Rizieq Disebut Lumpuh Total, Faktanya... Kredit Foto: Istimewa

Channel Youtube bernama pilar istana membagikan sebuah video berdurasi 10 menit 20 detik terkait kondisi Habib Rizieq yang dikatakan mengalami kelumpuhan total.

"RIZIEQ LUMPUH TOTAL. DETIK-DETIK RIZIEQ SANGAT MENGKHAWATIRKAN AKHIRNYA POLRI LAKUKAN INI," demikian narasinya.

Baca Juga: Kekuatan Habib Rizieq Terbongkar, Sebut Nama Amien Rais

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah video tersebut diputar, informasi yang disampaikan ialah mengenai kondisi Habib Rizieq yang pada saat ini dalam keadaan baik-baik saja, bahkan negatif Covid-19 sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Aziz Yanuar, kuasa hukum Habib Rizieq.

Selain itu, pada video tersebut, memuat pula tentang informasi terkait kritik yang disampaikan oleh pegiat media sosial, Yusuf Muhammad, kepada Ustadz Yahya Waloni terkait ceramahnya mengenai pandemi Covid-19 yang dianggap membodohi masyarakat awam.

Tidak hanya itu, video tersebut pula menyinggung tentang kritik yang disampaikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono mengenai kinerja pemerintahan saat ini. Dengan begitu, dalam video berdurasi 10 menit 20 detik tersebut tidak memuat satu informasi pun terkait dengan keadaan Habib Rizieq yang dikatakan mengalami kelumpuhan total.

Bahkan, melansir dari serangnews.com dan potensibisnis.com, informasi terkait kelumpuhan total yang dialami Habib Rizieq ialah informasi salah atau hoax.

Kesimpulan

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait kondisi Habib Rizieq yang dikatakan mengalami kelumpuhan total ialah informasi yang salah atau masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta), informasi tersebut salah. Faktanya, informasi yang disampaikan dalam video berdurasi 10 menit 20 detik tersebut memuat tentang informasi yang bertentangan dengan narasi video.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini