Ngeri Abis! Pendiri Telegram Pavel Durov Diincar Spyware Ganas, Bisa Curi Seluruh Data di Ponsel!

Ngeri Abis! Pendiri Telegram Pavel Durov Diincar Spyware Ganas, Bisa Curi Seluruh Data di Ponsel! Kredit Foto: Instagram/durov

CEO dan pendiri Telegram, Pavel Durov telah lama diincar oleh spyware Pegasus. Namanya ditemukan dalam daftar panjang yang menjadi target sasaran spyware buatan NSO Group tersebut. Durov mengetahui setidaknya sejak 2018 salah satu nomor teleponnya termasuk dalam daftar target potensial.

Pria berusia 36 tahun itu menambahkan bahwa dia tidak khawatir karena sejak 2011, dia sudah terbiasa dengan asumsi bahwa ponselnya diretas.

Baca Juga: Serius Jegal WhatsApp, Telegram Benamkan Fitur Baru

Daftar ini juga diungkap oleh Amnesty International dan kelompok non profit asal Prancis bernama Forbidden Stories. Dalam daftar tersebut ada pula nomor telepon milik presiden, perdana menteri, raja, jurnalis, pengacara, dan aktivis.

Nomor telepon Durov yang masuk dalam daftar adalah nomor telepon Inggris yang terhubung dengan akun Telegram pribadinya selama bertahun-tahun.

Dalam catatan panjang di saluran Telegramnya, Durov mengatakan bahwa alat pengawasan yang digunakan oleh pemerintah ini dapat meretas ke ponsel iOS atau Android apa pun. Ia menambahkan tidak ada cara untuk melindungi perangkat darinya.

"Tidak masalah aplikasi mana yang Anda gunakan, karena sistemnya dilanggar pada tingkat yang lebih dalam," ujarnya sebagaimana dikutip dari Gadgets NDTV di Jakarta, Jumat (23/7/21).

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini