Kak Seto Berikan Tips Halau Stres: Kuncinya adalah G.E.M.B.I.R.A

Kak Seto Berikan Tips Halau Stres: Kuncinya adalah G.E.M.B.I.R.A Kredit Foto: Instagram/Kak Seto

Psikolog Anak Seto Mulyadi, atau yang akrab disapa Kak Seto, memberikan tips mengatasi stres terutama di masa pandemi yang memberikan masa sulit bagi banyak orang.

"Memang sekarang ini siapa sih yang tidak stres menghadapi kondisi sangat mencekam yang sudah lebih dari 1 tahun ini. Tetapi kita tahu bahwa kita juga punya cara untuk mengatasi stres itu," ujar Kak Seto dalam seminar nasional yang disiarkan di kanal Youtube BNPB, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Satgas: Pemda Diminta Segera Perbaiki Indikator Penanganan Covid-19

Menurut Kak Seto, kunci untuk mengatasi stres adalah dengan G.E.M.B.I.R.A, yang merupakan singkatan yang dibuat oleh Kak Seto untuk merangkum cara-cara menghadapi stres.

"Pertama, G adalah gerak. Jadi, untuk menurunkan stres kita bergerak, gerak badanlah, atau olahraga sederhana. Dengan bergerak maka kita juga akan lebih ceria, darah mengalir lancar, akhirnya bisa menguasai emosi," jelas Kak Seto.

Kemudian, huruf E untuk merepresentasikan emosi cerdas. Kak Seto menjelaskan pusat pengendalian emosi manusia berada di kepala, dengan demikian manusia bisa mengelola emosi untuk diekspresikan dengan cara yang lebih cerdas.

"Marah bisa disalurkan dengan melukis, mengarang, dengan berteriak tetapi dengan nada indah, atau menyanyikan lagu lantang. Dengan cara begitu kan lebih lepas," lanjutnya.

Untuk huruf M adalah makan dan minum yang teratur. Manusia, kata Kak Seto, perlu memenuhi kebutuhan gizinya, misal dengan memakan sayur dan buah-buahan.

Lalu, huruf B ialah untuk beribadah, berdoa, bersyukur, berpikir positif, hingga bahagia. "Buat bahagia kan kuncinya juga di dada kita," ucapnya.

Huruf I merupakan simbolisasi untuk istirahat. "Nah mohon supaya tidak stres juga istirahat. Istirahat harus diatur dengan benar. kalau kita bisa istirahat 7-8 jam, puji Tuhan, Alhamdulilah sudah bagus," terangnya.

Lebih lanjut, Kak Seto juga mengingatkan untuk istirahat dari pikiran-pikiran negatif seperti dendam, benci, iri, dan dengki. Dengan begitu, manusia bisa mengistirahatkan emosinya dan hidup lebih tenang.

"Lalu R-nya tukun dalam keluarga. Jadi terus mesra dalam keluarga. Kata-kata sayang, I love you, aku cinta kamu, baik ke pasangan atau putra-putri kita. Lalu juga ramah kepada anak," paparnya.

Terakhir ialah huruf A untuk aktif berkarya. Menurut Kak Seto, hal tersebut bisa dilakukan dengan menata rumah, mengajak anak bernyanyi, menciptakan lagu atau dongeng, hingga menciptkan gerakan-gerakan Tiktok.

"Dengan begitu kita akan menghilangkan rasa stres tadi. Itu saya kita yang bisa dijadikan resep untuk mengatasi stres," tutup Kak Seto.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini