Raih Pendanaan Seri A, Dailybox Siap Perkuat dan Kembangkan Bisnis di Seluruh Indonesia

Raih Pendanaan Seri A, Dailybox Siap Perkuat dan Kembangkan Bisnis di Seluruh Indonesia Kredit Foto: Dailybox

Dailybox, startup F&B on-demand di Indonesia, mengumumkan pendanaan seri A dengan nominal yang tidak disebutkan, dipimpin oleh Vertex Ventures SEA beserta Kinesys Group yang turut berpartisipasi dalam putaran seri A ini.

Kelvin Subowo, Co-Founder dan CEO Dailybox, mengaku sangat antusias dengan pendanaan tersebut. Dia menjelaskan, melalui pendanaan ini, Dailybox berencana untuk fokus mempercepat ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia dan mengembangkan sistem Dapur Terpusat untuk terus menjaga serta meningkatkan kualitas layanan bagi para konsumen setia Dailybox.

Baca Juga: GudangAda Kantongi Rp1,5 Triliun pada Pendanaan Seri B

"Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota termasuk di Pulau Jawa, Sumatera Utara, dan juga Bali. Pada bulan Agustus 2021, kami berencana akan membuka gerai pertama kami di Kalimantan, tepatnya di Kota Pontianak. Ke depannya, kami berharap dapat menjadi brand F&B lokal terbesar yang dapat memperkenalkan masakan nusantara tidak hanya di Indonesia, tapi juga Asia Tenggara dan bahkan seluruh dunia," kata Kelvin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Pandemi yang terjadi sejak 2020 telah membawa dampak yang luar biasa di setiap aspek, tak terkecuali industri makanan dan minuman. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada bulan Maret 2021, gross revenue (pendapatan kotor) Dailybox secara grup berhasil bertumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain pertumbuhan gross revenue, Dailybox juga mengalami peningkatan luar biasa pada jumlah gerainya. Kurang dari setahun, jumlah gerai Dailybox di tahun 2020 telah tumbuh hingga 300%. Bahkan, Dailybox berhasil menjadi F&B brand yang memiliki jumlah cloud kitchen terbanyak di Indonesia dengan jumlah total mencapai ratusan gerai pada semester awal 2021. Dailybox menargetkan untuk terus melakukan ekspansi dan menggandakan jumlah total gerainya pada akhir tahun ini.

Pertumbuhan bisnis Dailybox berbanding lurus dengan prediksi pertumbuhan industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara. Laporan Google Temasek, Bain & Company tahun 2020 menyatakan bahwa Gross Merchandise Volume (GMV) industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara diprediksi akan mencapai US$23 miliar pada tahun 2025. Angka tersebut menunjukkan kuatnya tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun (Compound Annual Growth Rate) di industri layanan pesan antar makanan yang mencapai hampir 30%.

"Pencapaian Dailybox yang luar biasa ini tentu menjadi sebuah tonggak sejarah penting dalam perjalanan bisnis kami sejak tahun 2018 lalu. Di tengah segala keterbatasan selama pandemi, kami terus berkomitmen memastikan para konsumen dapat tetap menikmati cita rasa nusantara yang kami hadirkan dalam beragam menu kami. Para pelanggan kami dapat menikmati Dailybox di berbagai layanan pesan antar makanan online. Selama pandemi, 80% omzet penjualan Dailybox bahkan berasal dari layanan pesan antar makanan online. Angka tersebut sejalan dengan fokus utama bisnis Dailybox yang berfokus pada layanan pesan antar makanan," tambah Kelvin.

Gary Khoeng, Senior Executive Director of Vertex Ventures SEA, mengaku jika ketika berinvestasi, mereka selalu mencari startup yang berpotensi menjadi calon juara regional. "Kami terkesan dengan keunggulan operasional Dailybox dan cara mereka memprioritaskan serta mempertahankan kualitas produknya. Kami bangga dapat mendukung Kelvin dan timnya di masa-masa sulit ini untuk menciptakan brand terkemuka yang menyediakan solusi praktis, tetapi terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati cita rasa makanan Dailybox," kata Gary.

Sementara itu, Steven Vanada, Managing Partner Kinesys Group, menambahkan bahwa Kinesys memiliki visi untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup lokal. Sejak awal, Kinesys selalu berfokus untuk memberikan pendanaan pada startup yang tidak hanya memiliki model bisnis yang bagus, tapi juga memiliki rencana profitabilitas yang jelas dan berkelanjutan.

"Pertumbuhan bisnis Dailybox yang luar biasa bahkan di tengah pandemi telah menunjukkan kematangan strategi bisnis Dailybox sebagai perusahaan untuk selalu berinovasi dan beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi yang menantang sekalipun. Kami percaya akan potensi yang dimiliki oleh Dailybox untuk mewujudkan visinya menjadi startup F&B terbesar di Indonesia," tambah Steven.

Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group yang juga menaungi beberapa brand F&B lainnya seperti menu sushi to-go, Shirato, dan minuman segar, Anytime. Dailybox memiliki 30 pilihan menu beragam yang siap memanjakan lidah para konsumen sehingga mereka tidak perlu bingung lagi dalam memilih menu makanan karena #SelaluAdaPilihan di Dailybox.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini