Kemenparekraf Gaet Danone Percepat Vaksinasi Covid-19 di Bandung

Kemenparekraf Gaet Danone Percepat Vaksinasi Covid-19 di Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) bersama TNI Angkatan Udara dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggelar vaksinasi Covid-19 dari tanggal 21–25 Juli 2021 yang menyasar masyarakat kaum rentan dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bagi 10.000 warga, dengan target 2.000 peserta vaksin per hari.

Untuk mendukung percepatan program vaksinasi, Danone Indonesia memfasilitasi sarana dan prasarana Sentra Vaksin COVID-19 di SESKO AU Lembang, Bandung. Kegiatan ini juga turut didukung oleh Homecare24 sebagai penyedia tenaga vaksinator selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga: Daftar Sekarang! Ini Link Registrasi Vaksin Gratis Kemenparekraf x MNC Peduli

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, meninjau secara virtual, sedangkan VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, Kadisburpad Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik Kurohman, Komandan SESKO AU Samsul Rizal, dan Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang meninjau secara langsung proses vaksinasi tersebut, Jumat (23/7/2021).

"Serbuan vaksin menjadi salah satu langkah strategis pemerintah dalam upaya melakukan pemerataan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini, Kementerian Parekraf bekerja sama dengan berbagai instansi dan pihak swasta seperti Danone Indonesia terus menambah titik sentra vaksinasi, terutama di wilayah yang memiliki potensi wisata tertinggi," ungkap Sandiaga Uno.

"Selama satu bulan terakhir, kami menggenjot pemberian vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat ini, 5% dari target sudah mendapatkan vaksin dosis tahap I. Dengan makin massif pemberian vaksin kepada masyarakat, diharapkan mempercepat terbentuknya herd immunity bagi 3,4 juta masyarakat umum dan pelaku parekraf di Indonesia," tambah Sandiaga Uno.

Berdasarkan catatan Kemenkes hingga 22 Juli 2021 melalui situs Vaksin Kemkes, warga di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang telah menerima vaksin tahap I mencapai 250.966 orang atau 0,66% dari target Provinsi Jawa Barat, yaitu 37,9 juta. Sementara, warga yang telah menerima dosis lengkap vaksin tahap II baru mencapai 127.474 orang atau 0,34% dari target Provinsi Jawa Barat 37,9 juta.

Mendukung pemerataan target vaksinasi di Indonesia, Danone Indonesia turut berperan aktif dalam pelaksanaan program vaksinasi pemerintah, baik di kota maupun daerah.

"Danone Indonesia terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia, salah satunya dalam mencapai target vaksinasi 3 juta per hari. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, kami memberikan dukungan berupa fasilitas sarana dan prasarana agar kegiatan vaksinasi dapat berjalan dengan baik," ujar VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto

Peserta vaksin difokuskan bagi masyarakat rentan seperti pemulung dan pengasong, remaja usia 12–17 tahun, serta pelaku UMKM. Sebagai wilayah padat penduduk dan memiliki destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, Lembang menjadi salah satu wilayah target terbesar dalam program Serbuan Vaksin.

Tingginya kebutuhan vaksinasi bagi pekerja rentan membuat Danone Indonesia turut mengajak masyarakat ekonomi lemah seperti pemulung yang tergabung dalam Sahabat Lestari, serta mitra bisnis Aqua Home Service (AHS) binaan Danone AQUA dan Warung Anak Sehat Sarihusada binaan Danone SN Indonesia yang berdomisili di wilayah Bandung untuk turut berpartisipasi sebagai peserta vaksin.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, Danone Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi di Indonesia, salah satunya program Sentra Vaksinasi Lansia di Kompleks Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik Bandung yang diadakan pada bulan Maret lalu.

Danone Indonesia melalui produk Aqua menjadi official hydration drops partner yang menyediakan kebutuhan air minum berkualitas selama program vaksinasi berlangsung. Selain itu, donasi sebesar Rp56 miliar dialokasikan untuk membantu tenaga medis, pasien, serta masyarakat rentan terkena dampak pada situasi pandemi. Adapun bantuan yang diberikan antara lain berupa alat pelindung diri, faceshield, masker medis, tabung oksigen, serta pemenuhan kebutuhan hidrasi dan nutrisi bagi masyarakat.

"Danone Indonesia akan terus berkontribusi dalam percepatan pemulihan kesehatan masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan kesehatan serta memastikan kebutuhan hidrasi dan nutrisi masyarakat dapat terpenuhi melalui produk kami," pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini