Ngaku Banyak Kekurangan Tangani Covid-19, Menkominfo: Jangan Saling Menyalahkan

Ngaku Banyak Kekurangan Tangani Covid-19, Menkominfo: Jangan Saling Menyalahkan Kredit Foto: Kemenkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Plate, mengakui pemerintah memiliki kekurangan dalam penanganan Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah membutuhkan banyak saran dan rekomendasi dari seluruh pihak agar kebijakan yang dijalankan dapat efektif.

"Pemerintah pasti mendengar pendapat, koreksi, saran. Tapi sebaiknya tidak hanya kritik yang disampaikan tapi juga saran dan rekomendasi perbaikan," kata Johnny melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 24 Juli 2021. Baca Juga: Epidemiolog Ramalkan Lonjakan Covid-19 Agustus 2021, Kali Ini Ekstrem?

Namun, dia mengimbau agar kelompok-kelompok tertentu tidak menyebarkan diksi yang membingungkan masyarakat. Sebab, jika ada pihak yang menebar ketakutan, efeknya akan melemahkan semangat. Baca Juga: 3 Cara Unduh Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Mudah Banget!

"Kita harus bangun soliditas kita sebagai bangsa. Kita perlu bertemu di satu titik yang membangun solidaritas yang kuat untuk menghadapi bahaya Covid-19," tegas Johnny. 

Johnny juga mengatakan penularan Covid-19 sejauh ini disebabkan karena masyarakat belum disiplin menjalankan protokol kesehatan. Namun, bukan berarti pemerintah, dan aparatnya kemudian boleh bertindak keras.

Politisi Partai Nasdem tersebut menuturkan kerja sama dalam implementasi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah hal yang penting. Artinya dalam hal ini, masyarakat dan aparat bisa sama-sama tertib.

"Aparat tetap menjaga keramahan kepada masyarakat," kata Johnny.

"Kita butuh suasana batin yang kuat, bukan saling menyalahkan," lanjutnya.

Johnny menambahkan pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Darurat. Kebijakan itu kemudian diiringi dengan pemberian insentif ekonomi seperti bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak secara langsung yang sudah disiapkan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini