Satu Tahun Restrukturisasi, Pertamina Lebih Ramping dan Gesit

Satu Tahun Restrukturisasi, Pertamina Lebih Ramping dan Gesit Kredit Foto: Pertamina

Restrukturisasi Pertamina Group dalam kerangka transformasi holding-subholding terus bergulir hingga saat ini. SDM sebagai bagian terpenting dalam perusahaan juga tak luput dari proses restrukturisasi karena menjadi kunci keberhasilan Pertamina beradaptasi dengan tantangan bisnis yang semakin dinamis.  

Menurut Direktur SDM Pertamina, M Erry Sugiharto, selama satu tahun terakhir BUMN ini telah melakukan beberapa hal untuk mengakselerasi restrukturisasi SDM.  Pertama, menyusun panduan change management & communication plan yang berisi change management steps, communication strategy, communication workplan, dan engagement topic.

Baca Juga: Pertamax Rugi, Eh Pertalite Ikut-ikutan Merugi, Keuangan Pertamina Dalam Ancaman...

Kedua, melakukan penyampaian informasi berjenjang (cascading information) untuk memastikan penyebaran informasi sampai ke seluruh elemen pekerja. Ketiga, melakukan engagement kepada para stakeholder sesuai dengan Subholding terkait.

Keempat, melakukan komunikasi secara formal dan informal kepada pekerja dengan melibatkan atasan langsung dan tentunya dengan guidance dari Human Capital. Dan yang terakhir, memonitor dan melaporkan pelaksanaannya secara periodik.

“Hasilnya, organisasi yang lean dan agile dalam bentuk struktural dan fungsional serta implementasi team based yang berdampak pada pengurangan layer dalam organisasi,” ujar Erry, Senin, 19 Juli 2021.

Selain itu, akselerasi transisi tersebut menciptakan percepatan pengambilan keputusan dalam pengembangan bisnis eksisting maupun bisnis baru melalui pemberdayaan subholding. 

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini