Bekas Anak Buah SBY Rongrong Jokowi Lakukan Reshuffle, Seret Panglima TNI dan Luhut

Bekas Anak Buah SBY Rongrong Jokowi Lakukan Reshuffle, Seret Panglima TNI dan Luhut Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Mantan politikus Demokrat, Ferdinand Hutahaean mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan reshuffle atau perombakan jajaran kabinet sekaligus pergantian Panglima TNI di tengah pandemi Covid-19.

"Saya secara pribadi, prihatin melihat Presiden yang harus mati-matian turun ke lapangan untuk memantau dan memastikan kondisi terkendali, mestinya itu bisa dilakukan oleh menterinya," ujar Ferdinand dalam keterangannya, Minggu (25/7/2021) kemarin.

Dia menilai reshuffle kabinet perlu dilakukan karena ada beberapa menteri yang tidak serius membantu Presiden Jokowi selama pandemi Covid-19. Di sisi lain, Ferdinand meyakini Presiden Jokowi juga sudah mengetahui siapa saja menteri-menteri yang perlu diganti.

Baca Juga: Gerakan Menjatuhkan Jokowi Memanas, Pakar Beber Bahaya

"Sekali lagi, saya meyakini Jokowi lebih paham dan lebih tau jajarannya, tetapi evaluasi harus dilakukan untuk perbaikan. Yang sibuk berpolitik untuk dirinya menuju 2024 silakan tinggalkan kabinet, biar negara diurus yang total bekerja untuk negara," tegasnya.

Sementara, sejauh ini hanya beberapa nama jajaran kabinet yang serius membantu Jokowi, di antaranya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sekaligus koordinator PPKM Level 4 di Jawa-Bali.

"Salah satunya Menko Marves Pak Luhut. Kemudian, Kapolri Listyo Sigit, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan beberapa menteri lain yang secara jumlah tak banyak," tutur Ferdinand.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini