Apa Itu Intel Core 2 Duo?

Apa Itu Intel Core 2 Duo? Kredit Foto: Reuters/Amir Cohen

Di dunia digital ini, terutama di saat Teknologi Informasi (TI) memainkan peran penting bagi kebutuhan masyarakat luas, terciptanya perangkat komputer menjadi penemuan besar bagi dunia. Seperti yang kita ketahui, Central Processing Unit (CPU) adalah otak komputer yang bertanggung jawab untuk memproses atau melaksanakan segala tugas apa pun sehingga bisa menghasilkan output tertentu. Inilah mengapa kita membutuhkan kinerja prosesor yang baik karena semua orang ingin mendapatkan output atau hasil aktual dalam waktu singkat. Jadi, kecepatan dan kinerja prosesor itu sangatlah penting.

Jika kita melihat seseorang pergi ke toko komputer untuk membeli komputer baru, pasti dia juga akan meneliti banyak tentang prosesor baru tersebut hanya untuk memastikan bahwa kinerja komputer akan maksimal seiring dengan meningkatnya spesifikasi prosesor tersebut. Jadi, prosesor memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan teknologi sehingga dianggap sebagai salah satu elemen atau bagian penting dari komputer. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, ada sejumlah jenis prosesor baru yang mulai bermunculan. Berikut ini kita akan membahas mengenai prosesor keluaran Intel, Core 2 Duo.

Baca Juga: Apa Itu Intel Core i5?

Mengenal Prosesor Intel Core 2 Duo

Core 2 Duo hadir di bawah rangkaian prosesor dual-core yang diciptakan oleh Intel. Intel menamai serinya sebagai Pentium Dual Core saat memulai debutnya, yang mengacu pada dual core hasil produksi perusahaan tersebut. Banyaknya up-gradasi dan peningkatan pada prosesor seri pertama Intel mengakibatkan mereka menyebut prosesor mereka yang satu ini sebagai Core 2 Duo dengan kata 'duo' mengisyaratkan dua prosesor yang terintegerasi menjadi satu kesatuan prosesor. Ini dikenal sebagai prosesor ganda generasi pertama. Misalnya AMD juga memproduksi prosesor dual core sejenis sebagai X2.

Dengan kemajuan teknologi prosesor yang membuatnya lebih cepat dan lebih baik, Intel memutuskan untuk membedakannya dari prosesor generasi pertama mereka dengan menamai mereka sebagai Core 2 Duo di mana angka '2' ini mengacu pada prosesor generasi ke-2.

Asal Usul Istilah Core 2 Duo

Core 2 adalah prosesor yang memiliki dua sub-kelompok prosesor yang dibedakan berdasarkan jumlah inti yang mereka miliki.

Core 2 Duo adalah nama yang diberikan untuk seri Prosesor milik Intel. Nama ini dikhususkan untuk seri ini saja dan bukan seri yang lain. Prosesor ini hanya memiliki dua inti, sesuai dengan istilah "Duo". Begitu pula dengan rangkaian Prosesor Intel yang diberi nama "Core 2 Quad" yang prosesornya memiliki empat Core sebagaimana istilah "Quad" berlaku.

Dari segi kinerja, Core 2 Duo memiliki performa yang lebih baik dibandingkan saudaranya, Intel Dual Core. Hal itu karena prosesor Dual Core masuk ke dalam segmen prosesor budget friendly sehingga lebih mengutamakan efisiensi daya daripada kinerja. Jadi, pada dasarnya Prosesor Core 2 Duo akan berkinerja lebih baik daripada Prosesor Dual Core.

Profil Core 2 Duo: Performa dan Kemampuan Overclock

1. Performa yang lebih baik dibandingkan Dual Core

Core 2 Duo adalah versi ekstensif dari prosesor Dual core. Core 2 Duo otomatis memiliki kinerja yang lebih baik daripada Dual core karena memiliki kemampuan overclock yang lebih baik daripada Dual core.

2. Kemampuan overclock yang mumpuni

Pada prosesor Core 2 Duo kita dapat melakukan overclock hingga 4.0GHz. Karena kecepatan clock atau kemampuan overclock yang tinggi, Core 2 Duo dapat menjalankan banyak tugas secara paralel.

Apakah Prosesor Core 2 Duo Masih Relevan Hingga Hari Ini?

Anda tidak dapat mengharapkan kinerja yang lebih baik pada prosesor ini. Core 2 Duo adalah prosesor yang sudah ketinggalan zaman. Namun, prosesor ini bisa memberi Anda kinerja yang layak jika Anda menggunakannya untuk penggunaan ringan seperti browsing internet, MS office work, MS paint, kalkulator, note pad, word pad, windows media player.

Anda juga dapat menggunakannya untuk pekerjaan copy paste normal, penulisan konten, latihan mengetik, memainkan beberapa permainan ringan kasual, menggunakan MS word, excel, PowerPoint, dan memainkan beberapa musik dan film.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini