TV Korsel Lecehkan Indonesia, Dibilang Negara dengan Vaksinasi Rendah, Begini Langkah KBRI

TV Korsel Lecehkan Indonesia, Dibilang Negara dengan Vaksinasi Rendah, Begini Langkah KBRI Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

KBRI Seoul melayangkan surat kepada stasiun televisi Korea Selatan, MBC, yang dinilai telah menyinggung Indonesia pada Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, pekan lalu.

"Surat tersebut telah ditembuskan kepada Korea Communication Commission (KCC) lembaga pengawasan penyiaran media Korea Selatan untuk meminta MBC melakukan langkah-langkah perbaikan,” ujar KBRI Seoul dalam keterangan tertulis, Selasa.

Dari proses tersebut, ditemukan, bahwa saat mendeskripsikan setiap negara peserta, MBC menampilkan caption yaitu berisi peta negara, informasi negara, info PDB, dan tingkat prosentase vaksinasi COVID-19.

Stasiun televisi Korea Selatan, MBC telah membuat keonaran di Olimpiade 2020. Tindakan mereka menyinggung Indonesia dan sejumlah negara di dunia dalam acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Jumat 23 Juli 2021.

Mereka menyindir keras, saat kontingen Indonesia yang dipimpin atlet Nurul Akmal (angkat besi) dan Rio Waida (selancar) memasuki area parade.

Tak masuk akal, dalam ajang Olimpiade mereka mendeskripsikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di dunia.

"Sedikit informasi mengenai Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, negara dengan penduduk terpadat di dunia urutan ke-4, memiliki GDP rendah, vaksinasi rendah, dan 6 persen penduduknya terinfeksi COVID-19," tulis MBC.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini