Ditanya Bisa Nggak Habiskan Makan 20 Menit, Anies: Bisa Lah!

Ditanya Bisa Nggak Habiskan Makan 20 Menit, Anies: Bisa Lah! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Kebijakan makan 20 menit selama pelonggaran PPKM Darurat menuai pro dan kontra. Banyak yang mempertanyakan mungkinkah makan hanya dalam waktu 20 menut.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjawab keraguan tersebut dengan mengatakan dia sanggup menghabiskan makanannya dalam durasi 20 menit.

Kebijakan makan 20 menit diterbitkan khusus di warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya.

"Walaupun ramai di sosmed, saya juga ditanyain, bisa nggak Pak Anies (makan) 20 menit? Saya bilang Insya Allah bisa lah," kata Anies usai meninjau kegiatan vaksinasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (27/7).

Anies mengatakan penyesuaian dalam aturan PPKM Level 4, termasuk masyarakat diperbolehkan makan di tempat selama 20 menit, merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun demikian, masyarakat diimbau untuk makan secukupnya dan tidak menggunakan waktu saat melepas masker untuk berbicara satu sama lain.

Menurut Anies, durasi makan tidak terlalu lama, justru waktu berinteraksi yang membuat durasi makan menjadi lebih lama.

"Kalau makan itu, mungkin tidak terlalu lama. Ngobrolnya biasanya yang panjang. Jadi buat saya, bukan soal 10 menit, 20 menit, 30 menit, tapi soal sesedikit mungkin berinteraksi yang berpotensi terhadap penularan," kata Anies.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini