Tencent Caplok Game Milik Miliarder Inggris, Harganya Bikin Takjub, Capai Rp18 Triliun!

Tencent Caplok Game Milik Miliarder Inggris, Harganya Bikin Takjub, Capai Rp18 Triliun! Kredit Foto: Money Inc

Miliarder Tencent, Ma Huateng melalui perusahaannya akan membeli pengembang video game Inggris Sumo dalam kesepakatan USD1,27 miliar (Rp18,4 triliun). Ini karena orang-orang tetap berada di rumah selama pandemi untuk mencoba skor tinggi baru.

Sumo dan Sixjoy Hong Kong, anak perusahaan Tencent, mengumumkan kesepakatan awal pekan ini. Mount Emei Investment, anak perusahaan lain dari Tencent milik miliarder China Ma Huateng, sudah memiliki sekitar 8,75% saham Sumo.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (28/7/21) lockdown dan jarak sosial mempercepat pertumbuhan pasar global dalam game. Menurut firma riset pasar Strategy Analytics, pasar game global diperkirakan akan tumbuh menjadi USD250 miliar (Rp3.623 triliun) pada tahun 2025 dari USD150 miliar tahun lalu.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Tse Ping, Klan Miliarder Terkuat di Asia, Tukang Obat Paling Sukses di China

“Sumo memberi Tencent pengembang game kelas dunia dengan skala global di luar China dengan harga murah,” ujar Neil Mawston, direktur eksekutif di Strategy Analytics. “Sumo terlihat di Inggris sebagai salah satu pengembang game terbaik di Eropa, bekerja sama dengan Sony, Sega, dan lainnya.”

Ian Livingstone, ketua non-eksekutif Sumo mengatakan bahwa Sumo yang berbasis di Sheffield berharap mendapat manfaat dari ekosistem video game Tencent yang luas, keahlian industri yang telah terbukti, dan sumber daya strategisnya, yang akan membantu mengamankan dan memajukan aspirasi dan kesuksesan jangka panjang Sumo.

“Akuisisi Sumo akan menambah konten game yang signifikan lebih lanjut untuk Tencent, baik untuk pasar game domestik China yang besar maupun untuk bisnis globalnya,” ujar Rajiv Biswas, kepala ekonom Asia-Pasifik dengan perusahaan riset IHS Markit.

Popularitas game online diperkirakan akan menurun setelah pandemi, tetapi tidak jatuh jauh karena orang-orang muda menyukai hobi dan teknologi seluler 5G membuat bermain lebih mudah. Sebagian besar gamer baru diharapkan untuk terus bermain, dan 75% dari peningkatan bersih baru-baru ini dalam game akan bertahan bersama mereka, IDC menemukan dalam sebuah survei.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini