IMF Pertahankan Proyeksi Ekonomi Global 6%

IMF Pertahankan Proyeksi Ekonomi Global 6% Kredit Foto: Reuters/Yuri Gripas

Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi secara global pada kisaran 6% pada tahun ini.

Perkiraan pertumbuhan global terbaru kami sebesar 6% untuk tahun ini, tidak berubah dari Outlook sebelumnya,”Kata Ekonom IMF Gita Gopinath dalam rilis tebaru  World Economic Outlook yang dipublikasikan Rabu (28/7/2021).

Gita mengungkapkan prospek pertumbuhan untuk negara maju tahun ini telah membaik setengah poin persentase. Namun  ini diimbangi dengan revisi yang turun untuk pasar dan ekonomi berkembang yang didorong oleh penurunan yang signifikan untuk beberapa negara berkembang Asia.

Untuk tahun 2022, IMF memproyeksikan pertumbuhan global sebesar 4,9%, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 4,4%. Tetapi sekali lagi, yang mendasari ini adalah peningkatan yang cukup besar untuk ekonomi maju dan yang lebih sederhana untuk pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang,”tambahnya.

IMF melihat revisi ini mencerminkan  perbedaan dalam perkembangan pandemi terutama varian Delta yang telah mengambil alih. Sekarang, hampir 40% populasi di negara maju telah sepenuhnya divaksinasi, dibandingkan dengan 11% di ekonomi pasar berkembang dan sebagian kecil di negara-negara berkembang berpenghasilan rendah.

Tingkat vaksinasi yang lebih cepat dari yang diharapkan dan kembali ke normalisasi telah menyebabkan peningkatan. Sementara gelombang kasus Covid-19 yang diperbarui di beberapa negara, terutama India, telah menyebabkan penurunan,”jelasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini