Kemenkes Laporkan Angka Kematian Meningkat 36 Persen dalam 7 Hari Terakhir

Kemenkes Laporkan Angka Kematian Meningkat 36 Persen dalam 7 Hari Terakhir Kredit Foto: Antara/Idhad Zakaria

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Siti Nadia Tarmizi, melaporkan terjadinya peningkatan angka kasus kematian secara nasional dalam tujuh hari terakhir.

"Kematian pada kasus konfirmasi tercatat meningkat sebesar 36 persen," ungkap Nadia dalam keterangan pers virtual di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Banyak Daerah Belum Kebagian Vaksin Covid-19, Kemenkes: Stok Vaksin Kita Baru 30 Persen

Nadia mengatakan, kondisi tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk menentukan upaya-upaya perbaikan ke depannya, terutama untuk menyelamatkan pasien yang ada di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi.

"Ini tentunya akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah dalam menentukan upaya-upaya perbaikan untuk dapat menyelamatkan setiap pasien yang ada di rumah sakit maupun yang saat ini menjalani isolasi mandiri maupun isolasi terpusat," kata Nadia.

Di sisi lain, angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara nasional menunjukkan adanya perbaikan. Menurut Nadia, angka kasus yang tercatat secara nasional menurun hingga 17 persen.

"Tentunya ini berkaitan dengan fluktuasi testing yang kita lakukan," ujarnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Nadia, per 25 Juli 2021 sebanyak 30 dari 34 provinsi di Indonesia berhasil meningkatkan jumlah testing sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO). Testing rate menurut standar yang ditentukan WHO itu sendiri adalah minimal 1/1000 penduduk per minggunya.

Jubir Kemenkes itu menyampaikan, evaluasi pelaksanaan PPKM dilaksakanan setiap seminggu sekali bersama tim Satgas nasional serta perwakilan dari provinsi, kabupaten/kota, dan pihak terkait.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini