Di Balik Jeruji Besi, Habib Rizieq Tak Sekuat Dulu, Kekuatannya Bakal Begini di Pilpres 2024

Di Balik Jeruji Besi, Habib Rizieq Tak Sekuat Dulu, Kekuatannya Bakal Begini di Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab resmi divonis empat tahun bui oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur atas kasus swab test di RS Ummi Bogor.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Zaki Mubarak menilai kekuatan Habib Rizieq akan berkurang pada Pilpres 2024. 

Baca Juga: Di Balik Jeruji Besi, Power Habib Rizieq untuk Pilpres Dibongkar

"Jika dia sedang menjalani hukuman, pengaruhnya berkurang, tetapi tidak hilang," ujar Zaki kepada GenPI.co, Rabu (28/7). 

Berkurangnya kekuatan Habib Rizieq itu juga terjadi karena beberapa mantan elite FPI juga sedang dalam proses hukum. 

Meski begitu, Zaki meyakini bahwa Habib Rizieq masih mempunyai banyak pengikut. 

"Pengikutnya masih banyak dan tidak sedikit yang militan," jelasnya. 

Untuk diketahui, Habib Rizieq terjerat dalam tiga kasus yang berbeda. Ketiga kasus tersebut yakni kerumunan di Petamburan, kerumunan di Megamendung, dan kasus swab test RS Ummi, Bogor.

Untuk kasus kerumunan Petamburan, Habib Rizieq Shihab divonis 8 bulan penjara. Sementara itu, dalam kasus kerumunan Megamendung, Habib Rizieq divonis hukuman denda sebesar Rp 20 juta.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini