Dukung Pengembangan Porang, Gubernur Riau: Bisa Tumbuh di Sela Sawit

Dukung Pengembangan Porang, Gubernur Riau: Bisa Tumbuh di Sela Sawit Kredit Foto: Antara/Anis Efizudin

Gubernur Riau, Syamsuar menyatakan dukungannya terhadap program penanaman dan pengembangan porang yang diinisiasi oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Ditambah lagi, Provinsi Riau tepatnya Kabupaten Siak juga sudah memiliki pabrik pengolahan porang.

"Kami siap dan mendukung penanaman porang. Bahkan ini sudah ada pembangunan pabriknya di Siak yang akan membangun industri porang ini," kata Syamsuar, saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Riau secara virtual bersama Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Panjaitan, Rabu (28/7). 

Baca Juga: Di Bumi Lancang Kuning, Sawit Jadi Komoditas Sangat Penting

Perlu diketahui, porang merupakan komoditas ekspor yang memiliki nilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku pembuatan aneka makanan, salah satunya pengganti beras, kosmetik, dan penjernih air. Selain itu, porang juga berguna di industri dirgantara yakni sebagai bahan baku lem perekat untuk pesawat.

Selain memiliki banyak kegunaan, tanaman porang juga dapat tumbuh dengan mudah yakni diantara pohon kelapa sawit.

"Kami mendukung, apalagi porang ini bisa tumbuh di sela-sela sawit terutama sawit yang telah diremajakan," ujar Syamsuar. 

Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya terkait peremajaan kelapa sawit, Syamsur juga mengusulkan untuk peremajaan kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir seluas 500 ribu hektare.

Syamsuar mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 100 ribu hektare kelapa petani yang sudah tua. Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan agar daerah terluas penghasil kelapa di Indonesia ini mendapatkan kesempatan untuk peremajaan kelapa.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini