Apa Itu Pangsa Pasar?

Apa Itu Pangsa Pasar? Kredit Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar atau market share dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama.

Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Baca Juga: Apa Itu Pajak Perseroan?

Keuntungan utama menggunakan pangsa pasar sebagai ukuran kinerja bisnis adalah bahwa hal itu kurang tergantung pada variabel lingkungan makro seperti keadaan ekonomi atau perubahan kebijakan pajak. Pangsa pasar dikatakan sebagai indikator utama daya saing pasar, yaitu seberapa baik kinerja perusahaan terhadap pesaingnya.

Untuk menghitung pangsa pasar perusahaan, tentukan dulu periode yang ingin diteliti. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun, atau beberapa tahun.

Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya. 

Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual Rp100 juta traktor tahun lalu di dalam negeri, dan jumlah total traktor yang dijual di Indonesia adalah Rp200 juta, maka pangsa pasar perusahaan Indonesia untuk traktor akan menjadi 50%.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini