Don't Worry! Semua Vaksin Covid-19 di Indonesia Itu Baik dan Terbukti Aman

Don't Worry! Semua Vaksin Covid-19 di Indonesia Itu Baik dan Terbukti Aman Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Indonesia menggunakan enam jenis vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi. Keenam jenis vaksin itu meliputi Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax. Lantas, manakah vaksin yang terbaik?

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, vaksin yang terbaik ialah vaksin yang sudah tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat. Dengan kata lain, semua jenis vaksin yang digunakan Indonesia sejatinya adalah yang baik dan terbukti aman.  Baca Juga: Genjot Herd Immunity, Target Vaksinasi Covid-19 di Agustus Capai Dua Juta Dosis Per Hari

Hal itu diperkuat dengan telah didapatkannya persetujuan WHO bahwa vaksin-vaksin tersebut aman dan efektif melindungi masyarakat dari risiko penyakit berat hingga kematian akibat Covid-19. Selain Novavax, kelima vaksin yang digunakan Indonesia juga telah mengantongi izin penggunaan darurat dari BPOM. Baca Juga: Stok Vaksin Aman, Pemerintah Daerah Tidak Perlu Khawatir

"Semua vaksin yang disetujui oleh WHO telah terbukti aman dan efektif dalam melindungi penerimanya terhadap sakit berat hingga kematian yang ditimbulkan oleh Covid-19," tegas Satgas Covid-19 dalam pernyataan resminya dilansir pada Kamis, 29 Juli 2021.

Sebagai contohnya adalah vaksin Sinovac. Berdasarkan kajian cepat Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, dua dosis vaksin Sinovac dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 94%, juga menurunkan risiko rawat inap hingga 96% dan mencegah risiko kematian hingga 98%.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini