Menuju Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara, Ini 4 Jurus Jitu dari PLN

Menuju Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara, Ini 4 Jurus Jitu dari PLN Kredit Foto: PLN

PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara. Komitmen ini dipertebal di tengah momentum satu tahun pencanangan AKHLAK oleh Kementerian BUMN.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan bahwa untuk mencapai visi tersebut, PLN sudah merumuskan 4 strategic goal sebagai Aspirasi PLN 2024, yakni Green, Innovative, Lean, dan Costumer Focused.

Baca Juga: Program Stimulus Kelistrikan dari PLN Sedikit Berubah, Begini Ketentuannya Sekarang

Melalui pilar Green, LN mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Cofiring PLTU, Konversi PLTD, dan Renewable Energy Certificate (REC). Terkait Innovative, PLN berkomitmen untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik dan meluncurkan layanan ICONNET sebagai fixed broadband internet.

Sementara, melalui pilar Lean, PLN menjadikan tiap proses bisnis dan operasi lebih gesit, lincah, dan efisien. Dengan pilar Customer Focused, PLN juga telah meluncurkan kembali super App New PLN Mobile dan layanan instalasi kelistrikan bertajuk ListriQu.

"Saya percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Semangat perubahan yang dijalankan PLN saat ini sudah menunjukkan hasil menggembirakan," ungkap Zulkifil dalam acara Virtual Gathering 1 Tahun AKHLAK dan Kick Off Festival Budaya 2021, Kamis (29/07/2021).

Di tengah tantangan Covid-19, lanjut Zulkifli, proses Transformasi PLN menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dari sisi pendapatan, PLN tetap berhasil berada pada 3 besar Pendapatan Perusahaan Listrik Asia berdasarkan Laporan Keuangan Perusahaan per 31 Desember 2020. Kinerja positif ini berlanjut, PLN mencetak laba bersih Rp6,6 triliun pada semester I 2021.

"Tentunya, hal ini semua juga tidak terlepas dari peran keluarga besar PLN Group, tetapi dalam arti kecil juga merupakan kontribusi dari keluarga kita masing-masing yang selalu setia mendampingi kita," papar Zulkifli.

Selain itu, dalam peringkat getting electricity, PLN tetap bisa menjaga peringkat di posisi 33. Keberadaan New PLN Mobile yang diluncurkan pada 2020 menjadi andalan PLN dalam mempertahankan kualitas layanannya kepada pelanggan. "Dengan segala kemudahan melalui New PLN Mobile dan makin meluasnya pelanggan, PLN yakin mampu mencapai peringkat ke-20 pada 2024 sesuai aspirasi Transformasi," ujarnya.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia Syofvi Felienty Roekman menyampaikan, dengan core values AKHLAK, PLN mengagendakan Program PLN 123 oleh seluruh divisi dan unit serta anak perusahaan sebagai langkah penguatan budaya.

Sebagai bentuk apresiasi jajaran direksi pada perjalanan periode pertama penguatan budaya, pada Agustus 2021 ini PLN akan melaksanakan kegiatan Festival Budaya. "Acara puncak festival budaya akan dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2021," ujarnya.

Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi menuturkan, peran PLN sebagaimana BUMN lain demikian penting, sebagai penopang dan lokomotif ekonomi bangsa, juga agen pembangunan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini