Apa Itu Pasar?

Apa Itu Pasar? Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pasar adalah tempat di mana dua pihak dapat berkumpul untuk memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. Pihak-pihak yang terlibat biasanya adalah pembeli dan penjual. Pasar fisik seperti gerai ritel, di mana orang bertemu tatap muka, atau virtual seperti pasar online, di mana tidak ada kontak fisik langsung antara pembeli dan penjual.

Pasar adalah komposisi sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, atau infrastruktur di mana pihak-pihak terlibat dalam pertukaran.

Baca Juga: Apa Itu Pangsa Pasar?

Konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk bertukar semua jenis barang, jasa, dan informasi. Pertukaran barang atau jasa, dengan atau tanpa uang, adalah sebuah transaksi.

Istilah pasar juga mengambil bentuk lain. Seperti merujuk pada sekuritas diperdagangkan yakni pasar sekuritas. Atau, pasar dapat digunakan untuk menggambarkan kumpulan orang yang ingin membeli produk atau layanan tertentu.

Secara teknis, pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih dapat bertemu untuk melakukan transaksi ekonomi, sekalipun yang tidak melibatkan alat pembayaran yang sah. Transaksi pasar dapat melibatkan barang, jasa, informasi, mata uang, atau kombinasi dari semua yang berpindah dari satu pihak ke pihak lain.

Pasar dapat diwakili oleh lokasi fisik di mana transaksi dilakukan, termasuk toko ritel dan bisnis serupa lainnya yang menjual barang individual ke pasar grosir yang menjual barang ke distributor lain atau mereka mungkin virtual.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini