Rencana Pengadaan PKS Mini untuk Kemandirian Petani

Rencana Pengadaan PKS Mini untuk Kemandirian Petani Kredit Foto: Antara/Syifa Yulinnas

Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) yang menaungi ribuan petani sawit swadaya di Indonesia diharapkan bisa menjadi leader dalam memandirikan petani. Kemandirian sangat diperlukan agar para petani tidak lagi sepenuhnya bergantung pada pabrik kelapa sawit (PKS).

Menurut Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI), Dr. Tungkot Sipayung, kepeloporan SAMADE dalam memandirikan petani bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. 

Baca Juga: Tingginya Produktivitas Sawit Bikin Iri Uni Eropa

"Pemerintah melalui BPDPKS memiliki dana dan program, itu bisa direbut oleh SAMADE untuk membangun kemandirian para petani sawit," kata Tungkot seperti dikutip dari Elaeis.co.

Dijelaskan Tungkot, program BPDPKS yang dimaksud adalah pembangunan PKS skala mini. Jika SAMADE bisa merealisasikan pendiriannya, menurutnya, PKS mini sudah cukup untuk menampung tandan buah segar (TBS) petani swadaya tanpa memandang tingkat asam lemak bebas (ALB). Hal ini dikarenakan kandungan ALB selama ini selalu menjadi syarat saat PKS membeli TBS petani.

"PKS skala besar mengolah TBS menjadi CPO dan produk turunan untuk bahan pangan. Itu sebabnya mereka menerapkan banyak syarat, seperti kadar rendemen dan ALB. Sedangkan PKS mini, dibangun untuk kepentingan industri vegetable oil, bahan bakar nabati, biohidrokarbon, dan lainnya. Sehingga bisa menampung panen sawit yang kematangan," papar Tungkot. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini