Profil Lengkap Jusuf Hamka dan Keluarga: Orang-Orang Hebat yang Sangat Rendah Hati!

Profil Lengkap Jusuf Hamka dan Keluarga: Orang-Orang Hebat yang Sangat Rendah Hati! Kredit Foto: YouTube/CURHAT Denny Sumargo

Mohammad Jusuf Hamka adalah pengusaha Indonesia yang kerap dikenal sebagai bos jalan tol. Pria kelahiran Desember 1957 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur ini lahir dengan nama Joseph Alun, kemudian menjadi mualaf dan diangkat sebagai anak oleh ulama besar Indonesia, Buya Hamka.

Orang tuanya yang moderat tak pernah melarang Jusuf Hamka untuk memeluk agama Islam. Bahkan, orang tuanya berujar agar ia menjadi muslim yang baik. Jusuf tak langsung memeluk agama Islam saat meminta izin kepada orang tuanya, satu tahun kemudian barulah niatnya terlaksana.

Untuk diketahui, orang tua Jusuf Hamka adalah pendidik. Ayahnya dosen dengan banyak gelar, sementara sang ibu berprofesi sebagai guru. Sementara itu, Jusuf Hamka hanya lulusan SMA. Ia pernah beberapa kali kuliah tetapi tidak selesai. Namun, itu semua tak membuatnya kecil hati. Ia mengibaratkan dirinya sebagai metro mini yang bisa melesat lebih cepat daripada mobil mewah yang takut kegores.

Baca Juga: Jadi Pemilik Tol Swasta Terbesar, Jusuf Hamka: Ini Semua Gerak Allah, Bukan Kepintaran Saya

Kembali ke saat Jusuf Hamka hendak masuk Islam. Ia pun kemudian bertemu Buya Hamka di Masjid Al Azhar Indonesia ketika membaca berita ada orang Tionghoa yang menjadi mualaf. Awalnya, Jusuf hanya ingin menanyakan perihal agama Islam, apa saja yang harus dipersiapkan untuk memeluk agama Islam.

Lalu, ketika ia berniat esok hari masuk Islam, sontak Buya Hamka langsung memintanya membaca syahadat saat itu juga. Buya tak mau menunda hingga esok.

"Kok maksa?" tanya Jusuf saat itu.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini