Kenang Megawati: Tangani Bencana, Rela Menginap 10 Hari di Kapal Perang

Kenang Megawati: Tangani Bencana, Rela Menginap 10 Hari di Kapal Perang Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, menceritakan pernah menginap selama 10 hari di kapal perang saat menangani bencana alam saat bertugas sebagai Wakil Presiden RI yang ke-8 di bawah pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Kisah itu diceritakan Megawati saat pembukaan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang digelar secara virtual, Kamis (29/7).

Baca Juga: Balas Omongan Luhut, Demokrat Unjuk Kekuatan Belain SBY, Bu Megawati Sampai Diseret-seret...

Megawati mengisahkan momen tersebut terjadi semasa menjabat sebagai wakil presiden di era Presiden Abdurrahman Wahid. Saat itu, Ia diberi kepercayaan oleh Presiden Gus Dur untuk membentuk BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, sebagai Wapres kala itu, Megawati harus terjun ke lapangan untuk melihat penanganan bencana alam.

"Saya pada waktu itu merasa berterima kasih diberi penugasan karena saya harus membentuk BMKG, BNPB, tetapi di lain soal saya harus ke lapangan," ujar Megawati dalam ceritanya.

Selain terjun ke lapangan, putri sulung dari Presiden RI pertama yang juga proklamator Soekarno ini menceritakan waktu itu harus memutuskan menetap sementara di lokasi bencana alam. Keputusan itu diambil untuk memastikan penanganan bencana bisa berjalan dengan lancar. Sampai-sampai, Ia rela tidur di sebuah kapal perang.

"Sampai sekarang itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya di kapal perang. Saya sendiri tadinya bingung seperti apa itu kapal perang kita. Itu hampir sampai 10 harian menginap," ujar Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini