Ngeri! Dokter Ungkap 31 Persen Remaja Jakarta Kecanduan Internet, Tertinggi di Dunia

Ngeri! Dokter Ungkap 31 Persen Remaja Jakarta Kecanduan Internet, Tertinggi di Dunia Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Dokter spesialis kedokteran jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr dr Kristiana Siste Kurniasanti mengungkapkan, sebesar 31,4 persen remaja di Jakarta mengalami kecanduan bermain internet. Dengan jumlah ini, tingkat kecanduan internet remaja Jakarta menjadi yang tertinggi di dunia.

“Ini adalah data penelitian sebelum Covid-19. Ada 31,4 persen remaja di Jakarta mengalami kecanduan di internet. Angka ini menjadi angka yang cukup tinggi di dunia. Jadi, masalah ini ternyata ada di Indonesia," kata Kristiana, dalam talkshow virtual “Lindungi Anak Dari Penyalahgunaan NAPZA”, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Survei: Separuh Lebih Pengguna Media Sosial di Asia Tenggara Khawatir dengan Deepfake

Kristiana menjelaskan, 91 persen anak mengakses internet di rumah. Dengan kondisi ini, seharusnya orang tua telah mengetahui bahwa anak tersebut telah mengalami kecanduan bermain internet.

“Pada remaja, 18,3 persen mengalami kecanduan internet. Jadi, satu dari lima orang mengalami kecanduan internet. Untuk dewasa muda, yang artinya berusia 18 tahun ke atas, itu adalah sekitar 15 persen,” bebernya.

Kristiana menerangkan, anak kecanduan bermain internet terutama game online, disebabkan merasa permainan tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Pertama, ada kebutuhan otonomi. Di game online, anak bisa memilih avatarnya sendiri. 

Kedua, di games  dia bisa berkompetisi dan menang. Kemudian dia merasa diapresiasi. Ketiga, saat dia bermain games online, reward bisa secepatnya didapat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini