Menko PMK Jamin Vaksin yang Diterima Pasti Aman, Berkhasiat, dan Halal

Menko PMK Jamin Vaksin yang Diterima Pasti Aman, Berkhasiat, dan Halal Kredit Foto: Forum Merdeka Barat (FMB) 9

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyambut baik kedatangan vaksin tahap ke-32 berupa vaksin Moderna berjumlah 3,5 juta dosis dari Pemerintahan Amerika Serikat melalui Covax Facility yang datang hari ini, di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (1/8/2021).

Disusul kedatangan vaksin tahap ke-33 berupa vaksin AstraZeneca berjumlah 620 ribu dosis dari Pemerintahan Inggris melalui kerja sama bilateral yang dijadwalkan datang pada Senin (2/8/2021). Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada baik kepada Pemerintah Amerika Serikat maupun Pemerintah Inggris atas sumbangan vaksin yang sudah diberikan.

“Vaksin yang masuk dan beredar di Indoensia telah dipastikan aman,berkhasiat dan halal. Dengan demikian kepada masyarakat tidak perlu ragu  untuk ikut melakukan vaksinasi,” ujarnya dalam konferensi pers, Minggu (1/8/2021). Baca Juga: Indonesia Kedatangan 3,5 Juta Vaksin Moderna

Muhadjir mengatakan dengan kedatangan vaksin Moderna sebanyak 3,5 juta dosis dan vaksin AstraZeneca sebanyak 620 ribu dosis, memastikan ketersediaan vaksin di Indonesia dinyatakan aman yang secara keseluruhan mencapai 178 juta dosis.

Hal tersebut secara tidak langsung telah mengamankan sekitar 440 juta vaksin yang datang secara bertahap. Sebab, stok vaksin yang aman sangat diperlukan untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi 2 juta per hari sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo di sepanjang bulan Agustus ini.

“Hal ini penting semakin banyak penduduk Indonesia memiliki kekebalan tubuh maka akan semakin baik dapat melawan Covid-19,” paparnya. Baca Juga: Bidik 3 Juta Orang, Kapolri Luncurkan Gerakan Vaksin Merdeka

Demi menyukseskan program vaksinasi, kata Muhadjir, maka perlu kerja sama dengan melibatkan organisasi swasta, organisasi profesi, dan organisasi kemasyarakatan, termasuk lembaga lain agar dapat bergotong-royong mempercepat program vaksinasi.

Muhadjir juga menghimbau, selain dengan vaksinasi, masyarakat juga perlu melakukan 3M dan 3T di dalam upaya melawan Covid-19. Karena itu, pemerintah terus melakukan Langkah-langkah penting guna mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas ekonomi, dan mengakhiri pandemi.

“Saya ingin mengingatkan sekali lagi kepada semua pihak untuk terus mematuhi kebijakan PPKM yang dikeluarkan pemerintah karena kebijakan tersebut merupakan upaya untuk melindungi kita semua dan menekan sekaligus memperlambat laju penularan Covid-19,” jelasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini