Apa Itu Pemasaran?

Apa Itu Pemasaran? Kredit Foto: Unsplash/ Campaign Creators

Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau layanan. Pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain.

Profesional yang bekerja di departemen pemasaran dan promosi perusahaan berusaha untuk mendapatkan perhatian dari audiens potensial utama melalui iklan. Promosi ditargetkan untuk audiens tertentu. Biasanya melibatkan endorse artis, slogan yang menarik, kemasan yang mudah diingat, dan keterlibatan media secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Itu Pasar?

Pemasaran berupaya untuk mencocokkan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan produk dengan pelanggan pada akhirnya memastikan profitabilitas.

Produk, harga, tempat, dan promosi adalah Empat P pemasaran yang digaungkan Neil Borden pada tahun 1950-an. Empat P secara kolektif membentuk bauran penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan.

1. Produk

Produk mengacu pada barang atau barang yang direncanakan bisnis untuk ditawarkan kepada pelanggan. Produk harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan di pasar, atau memenuhi permintaan konsumen untuk jumlah yang lebih besar dari produk yang sudah tersedia.

Sebelum mereka dapat menyiapkan kampanye yang tepat, pemasar perlu memahami produk apa yang dijual, bagaimana menonjol dari pesaingnya, apakah produk tersebut juga dapat dipasangkan dengan produk sekunder atau lini produk, dan apakah ada produk pengganti di pasar.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini