Kisah Orang Terkaya: Xavier Niel, Sang Revolusioner Internet Asal Prancis

Kisah Orang Terkaya: Xavier Niel, Sang Revolusioner Internet Asal Prancis Kredit Foto: AP Photo/Francois Mori

Pengusaha asal Prancis, Xavier Niel adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia lahir pada 25 Agustus 1967 dan aktif di industri telekomunikasi dan teknologi. Ia terkenal sebagai pendiri dan pemegang saham mayoritas dari penyedia layanan Internet Prancis dan operator Seluler perdagangan Iliad di bawah merek Free sebagai operator seluler ketiga terbesar di Prancis.

Dia juga salah satu pemilik surat kabar Le Monde, dan salah satu pemilik hak lagu "My Way" dan pemilik Monaco Telecom. Dia saat ini bertindak sebagai Wakil Ketua Dewan Direksi & Chief Strategy Officer untuk Iliad. Kekayaan bersihnya Forbes memperkirakan sekitar USD10,5 miliar (Rp151 triliun).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: David Cheriton, Ilmuwan Penasihat dan Investor Awal Google

Xavier Niel lahir pada tahun 1967 di pinggiran kota Paris. Niel memulai awal bisnisnya dengan mengembangkan telekomunikasi dan layanan data. Ia memulai karir wirausaha di usia muda segera setelah ayahnya memberinya komputer Sinclair ZX81 sebagai hadiah ulang tahun.

Pada usia 19, ia berhasil mendirikan perusahaan kemudian menjual perusahaan pertamanya, sebuah perusahaan layanan Minitel (pendahulu internet Prancis). Situs minitel ini menyediakan layanan obrolan berorientasi seks.

Pada tahun 1995, ia berinvestasi di Penyedia Layanan Internet pertama di Prancis, World-NET, yang dibuat tahun sebelumnya oleh Sébastien Socchard, Philippe Langlois dan Pierre Séguret. Perusahaan ini dijual setahun sebelum gelembung internet pecah seharga USD50 juta (Rp722 miliar) saat ini.

Setelah mengambil alih sebuah perusahaan komunikasi, kemudian perusahaan tersebut berganti nama menjadi Iliad.  Lalu, Xavier Niel meluncurkan layanan pada tahun 1996 yang hingga saat ini menjadi pendapatan 1 juta euro sertiap tahunnya untuk Iliad.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini