Kisah Perusahaan Raksasa: Swiss Re, Satu dari Sekian Asuransi Tertua yang Tetap Raih Cuan

Kisah Perusahaan Raksasa: Swiss Re, Satu dari Sekian Asuransi Tertua yang Tetap Raih Cuan Kredit Foto: Reuters

Swiss Reinsurance Company Limited atau umum dikenal sebagai Swiss Re adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar dunia yang masuk dalam Fortune Global 500. Dengan pendapatan 49,31 miliar dolar AS, ia duduk di daftar tersebut di peringkat ke-233. 

Swiss Re membukukan laba bersihnya mencapai 727 juta dolar, dengan total asetnya mencapai 238,56 miliar dolar di tahun itu. Sementara yang terakhir total ekuitasnya di angka 29,25 miliar dolar.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Resah, Deutsche Bahn Tumbuh Jadi Korporat Transportasi Dunia

Kisahnya akan diulas dalam artikel perusahaan raksasa Warta Ekonomi, Senin (2/8/2021) berikut, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Perjalanan Swiss Re dilatar belakangi oleh baiknya industri asuransi tumbuh di negara tersebut di pertengahan abad ke-19. 

The Swiss Reinsurance Company Zurich didirikan pada 19 Desember 1863 oleh Perusahaan Asuransi Umum Helvetia (sekarang dikenal sebagai Helvetia Versicherungen) di St. Gallen, Schweizerische Kreditanstalt (Credit Suisse) di Zurich dan Basler Handelsbank (pendahulu UBS AG) di Basel. Anggaran dasar perusahaan telah disetujui oleh pemerintah Kanton Zurich pada hari yang sama. Modal awalnya berjumlah 6 juta franc Swiss. Dokumen yayasan resmi memuat tanda tangan penyair Gottfried Keller, yang pada saat itu adalah sekretaris pertama Kanton Zurich.

Empat dekade dari awal abad ke-20 hingga pecahnya Perang Dunia II, Swiss Re berkembang menjadi perusahaan reasuransi terkemuka pada masanya. Peningkatan laba memungkinkan perusahaan untuk memperluas kegiatannya ke dalam kelas asuransi lainnya.

Setelah menandatangani kontrak reasuransi kecelakaan pertamanya pada tahun 1881, Swiss Re melanjutkan untuk mengambil asuransi pihak ketiga kendaraan bermotor pada tahun 1901, dan reasuransi teknik pada tahun 1904. 

Pada tahun 1893, dana bantuan yang dimulai pada tahun 1885 diubah menjadi skema independen untuk membantu pekerja kerah putih. Selain itu, keuntungan diinvestasikan kembali untuk memperkuat cadangan perusahaan. Strategi pendanaan berpandangan jauh ini membuktikan nilainya ketika bisnis asing Swiss Re sangat terpengaruh oleh Gempa Bumi San Francisco 1906.

Pangkalan luar negeri pertamanya adalah Swiss Re cabang AS, dibuka di New York City pada tahun 1910. Pada tahun 1916, perusahaan induk mengakuisisi kepemilikan mayoritas di Perusahaan Asuransi Umum & Mercantile Inggris, yang didirikan pada tahun 1907.

Pada tanggal 25 Oktober 1913, setelah 15 tahun beroperasi dari berbagai lokasi, perusahaan pindah ke kantor pusat baru yang bergengsi dan megah di Mythenquai di samping danau di Zürich. Ini masih markas Swiss Re, yang selama bertahun-tahun telah mengakuisisi sejumlah bangunan lain, lama dan baru.

Pada tahun 1924, dalam rangka pengembangan bisnis reasuransi asingnya, Swiss Re mengakuisisi Bayerische Rückversicherung AG dari Munich, yang didirikan pada tahun 1911, yang telah dijual setelah perusahaan induknya, Bayerische Versicherungsbank, diakuisisi oleh Allianz. Pada tahun 1940, pembatasan ditempatkan pada perusahaan asuransi asing menyebabkan pendirian di bawah hukum A.S. sebuah perusahaan yang akan menjadi Perusahaan Reasuransi Amerika Utara dan yang mengambil alih sebagian besar bisnis cabang Swiss Re AS.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini