Resmi! Bank Sentral Ukraina Dapat Keluarkan Mata Uang Digital Lewat 'On Payment Services'

Resmi! Bank Sentral Ukraina Dapat Keluarkan Mata Uang Digital Lewat 'On Payment Services' Kredit Foto: Coingeek

Undang-undang Ukraina tentang Layanan Pembayaran yang baru telah ditandatangani. Hal ini akan membutuhkan kerja sama yang erat antara Bank Nasional Ukraina dan perusahaan startup.

Pemerintah Ukraina sendiri akan merealisasikan rencana mata uang digital bank sentral (CBDC) karena Bank Nasional Ukraina (NBU) sekarang secara resmi berwenang untuk mengeluarkan mata uang digital.

Baca Juga: IMF Rencana Perketat Pengawasan terhadap Mata Uang Digital

Melansir dari Cointelegraph Senin (2/08/2021), Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah menandatangani undang-undang berjudul "On Payment Services". Hal ini tentunya akan memungkinkan bank sentral Ukraina untuk mengeluarkan CBDC dan hryvnia digital menurut pengumuman tersebut pada Kamis, 29 Agustus 2021.

"Undang-undang baru ini memberi wewenang kepada NBU untuk menyiapkan peraturan yang menguji layanan dan instrumen pembayaran berdasarkan teknologi yang muncul. Undang-undang baru juga membutuhkan kerja sama yang erat antara bank sentral Ukraina dan perusahaan rintisan lokal di pasar pembayaran dengan mempertimbangkan permintaan sektor swasta," bunyi pengumuman itu.

Awalnya, undang-undang ini disetujui oleh parlemen Ukraina pada akhir Juni. "On Payment Services" memiliki tujuan untuk menyediakan implementasi perbankan terbuka, praktik berbagi akses, dan kontrol informasi keuangan konsumen melalui aplikasi pihak ketiga.

Undang-undang tersebut diharapkan dapat merangsang perkembangan teknologi keuangan serta memungkinkan perusahaan fintech swasta untuk menjalin kerja sama dengan bank dan memiliki lebih banyak peluang bisnis.

Selain itu, undang-undang yang baru ditandatangani juga dirancang untuk menyesuaikan undang-undang Ukraina dengan kerangka hukum Uni Eropa yang nantinya akan memungkinkan mengintegrasikan sistem pembayaran negara dengan salah satu UE. Undang-undang ini juga didasarkan pada persyaratan modern dan mempertimbangkan standar tindakan pengaturan Eropa, termasuk Petunjuk Layanan Pembayaran 2 dan Petunjuk E-Money.

Selanjutnya, NBU juga telah mengamati dengan cermat untuk menerbitkan mata uang digital selama beberapa tahun terakhir, menguraikan potensi CBDC untuk memperkuat kepercayaan publik terhadap bank sentral dan layanan keuangannya.

Namun, bank tetap khawatir tentang potensi risiko terkait seperti dampaknya terhadap stabilitas keuangan dan kemungkinan ancaman terhadap sistem perbankan tradisional. Awal tahun ini, Kementerian Transformasi Digital Ukraina menjalin kemitraan dengan Stellar Development Foundation untuk bersama-sama mengembangkan strategi aset digital dan infrastruktur CBDC.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini