Banyak Minum Air Mineral Ampuh Atasi Sakit Pinggang? Benarkah? Begini Penjelasannya

Banyak Minum Air Mineral Ampuh Atasi Sakit Pinggang? Benarkah? Begini Penjelasannya Kredit Foto: Unsplash

Apakah Anda pernah mendengar kurang minum dapat menyebabkan sakit pinggang? Umumnya, masyarakat Indonesia percaya banyak mengonsumsi air mineral dapat membantu mengatasi permasalahan nyeri pada pinggang. Lantas, apakah anggapan itu benar?

Dikutip dari situs Halodoc, kurang konsumsi air mineral yang sampai menyebabkan dehidrasi bisa menjadi pemicu terjadinya sakit pinggang? Mengapa?

Pada tulang punggung manusia terdapat bantalan sendi di antara tiap dua ruas tulang yang berfungsi untuk menjaga posisi tulang belakang. Bantalan ini memiliki tekstur seperti gel yang kaya oleh kandungan air yang berperan untuk mencegah benturan antar tulang serta meredam guncangan yang bisa membahayakan tulang belakang. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bantalan sendi memiliki kandungan air yang cukup agar bisa menjalankan perannya dengan baik.

Baca Juga: Air Mineral Terbukti Tingkatkan Proses Belajar Anak

Sebenarnya, tubuh memiliki cadangan air untuk menjaga agar bantalan sendi tidak menipis akibat kehilangan kandungan air. Akan tetapi, kondisi menjadi berbeda jika Anda mengalami dehidrasi.

Ketika bantalan sendi tidak menerima asupan air yang cukup, ia akan semakin menipis lalu menyebabkan ruas tulang yang berada di atas bantalan tersebut menjepit saraf di bawahnya. Tekanan inilah yang kemudian akan terasa sebagai sakit pinggang.

Dalam tahap lebih lanjut, kurang minum juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal yang juga memicu terjadinya sakit pinggang. Pasalnya, beberapa zat dalam tubuh seperti mineral, garam, dan zat lainnya akan mengendap menjadi batuan kristal di dalam ginjal karena minimnya keberadaan air yang bisa melarutkan zat-zat tersebut. Semakin besar ukuran batu ginjal, nyeri yang dirasakan juga akan semakin menyakitkan.

Dengan demikian, Anda harus memastikan untuk memiliki kebiasaan konsumsi air mineral yang cukup setiap harinya untuk menghindari kemungkinan sakit pinggang bahkan hingga batu ginjal. Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air mineral atau setara 2 liter air per hari. Sementara, untuk pengidap batu ginjal disarankan untuk meminum setidaknya 3 liter air mineral per harinya.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan kualitas air mineral yang Anda konsumsi. Le Minerale mengandung mineral alami dari sumber pegunungan terpilih serta dilengkapi dengan tutup ulir yang rapat dan kedap udara.

Oleh karena itu, air mineral Le Minerale memiliki kualitas yang jernih dan segar serta terlindungi dari paparan bakteri dan virus. Le Minerale bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk melindungi Anda dari risiko sakit pinggang dan batu ginjal.

Selain itu, jika Anda mengalami sakit pinggang akibat kurang minum air mineral, sebaiknya Anda tidak ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini