Adik Kim Jong-un Olok-olok Amerika-Korsel: Langkah Ini Merusak

Adik Kim Jong-un Olok-olok Amerika-Korsel: Langkah Ini Merusak Kredit Foto: Reuters/Stringer

Korea Utara telah menyatakan kekecewaan mereka atas keputusan Korea Selatan untuk melanjutkan latihan militer bersama dengan pasukan Amerika Serikat yang diadakan setiap tahun di musim semi dan musim panas.

"Saya menganggap langkah ini merusak keinginan para pemimpin Utara dan Selatan yang ingin membangun rasa saling percaya untuk memulihkan hubungan Utara-Selatan," kata Kim Yo Jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Baca Juga: Korut dan Korsel Segera Kembalikan Jaringan Komunikasi yang Putus

Kim Yo Jong menjabat sebagai wakil direktur Komite Sentral Partai Buruh Korea.

Namun, Seoul mengatakan pihaknya "masih mendiskusikan dengan pihak AS tentang latihan militer gabungan" yang rencananya digelar akhir bulan ini.

“Keputusan soal latihan militer akan disepakati bersama antara Korea Selatan dan AS,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Boo Seung-chan.

Peringatan dari Pyongyang datang ketika Utara dan Selatan memulihkan jalur komunikasi lintas batas yang terputus sejak Juni lalu.

“Jika kita melihat ke belakang selama tiga tahun terakhir, hubungan Utara-Selatan mengalami perubahan, liku-liku, dan fluktuasi yang tidak diinginkan dan beringsut ke krisis meskipun para pemimpin puncak Utara dan Selatan telah saling berpegangan tangan dan membuat kesepakatan penting sebagai deklarasi bersama," kata saudara perempuan Kim itu.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini