Diramal Jadi Arena Panas, India Kerahkan Armada Angkatan Laut Menuju Laut China Selatan

Diramal Jadi Arena Panas, India Kerahkan Armada Angkatan Laut Menuju Laut China Selatan Kredit Foto: ANI Photo

India mengirim gugus tugas empat kapal perang ke Laut China Selatan dalam penyebaran dua bulan yang akan mencakup latihan dengan mitra Quad yakni Amerika Serikat, Jepang dan Australia, Kementerian Pertahanan India mengumumkan pada Senin (2/8/2021).

Kapal perang akan berangkat dari India awal bulan ini, kata pernyataan Kementerian Pertahanan, tanpa memberikan tanggal keberangkatan yang spesifik, sebagaimana dilaporkan CNN, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Jauh dari Kata Adem, Pertemuan 10 Jam Jenderal India-China Berakhir Sia-sia

Gugus tugas, yang mencakup kapal perusak peluru kendali, fregat peluru kendali, korvet anti-kapal selam dan korvet peluru kendali, akan berpartisipasi dalam serangkaian latihan selama penempatan dua bulan, termasuk latihan angkatan laut Malabar 2021 dengan AS, Jepang dan pasukan Australia.

Dalam latihan bilateral lainnya selama penempatan, kapal perang India akan bekerja dengan unit angkatan laut dari negara-negara pesisir Laut China Selatan, termasuk Singapura, Vietnam, Indonesia dan Filipina, kata Kementerian Pertahanan.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama dan komitmen terhadap Kebebasan Navigasi di laut," kata pernyataan India.

Laut China Selatan telah menjadi sarang aktivitas angkatan laut dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu, kelompok penyerang kapal induk Inggris transit di perairan seluas 1,3 juta mil persegi, sementara kelompok aksi permukaan AS, dan pasukan dari Tentara Pembebasan Rakyat China menggelar latihan di dalamnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini