PLTS Terapung Cirata Akan Dibangun, Kementerian Investasi: Harus Beri Manfaat kepada Rakyat Sekitar

PLTS Terapung Cirata Akan Dibangun, Kementerian Investasi: Harus Beri Manfaat kepada Rakyat Sekitar Kredit Foto: Xurya

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Kementerian Investasi RI/BKPM, Imam Soejadi mengatakan pencairan investasi melalui proyek PLTS Terapung Cirata dapat memberikan dampak positif dalam rangka pencapaian investasi di Indonesia.

“Bahwa investasi yang dikembangkan BUMN maupun kerja sama dengan perusahaan global seperti Perusahan Masdar, harus memberikan kemanfaatan dan peningkatan persebaran pendapatan bagi masyarakat sekitar maupun pengusaha di sekitar proyek,” ujarnya dalam Deklarasi Finansial Close Proyek PLTS Terapung Cirata 145 MWac, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Konstruksi PLTS Terapung Cirata Dimulai, Wamen BUMN Dorong Dukplikasi di Daerah

Imam melanjutkan, melalui amanah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, proyek PLTS Terapung Cirata harus melakukan kewajiban Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen.

Selain itu, perlunya memberikan kemanfaatan bagi daerah sekitar maupun untuk mendorong pertumbuhan perekonomian regional, baik di daerah maupun di provinsi.

Caranya dengan memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pengusaha lokal maupun pelaku UMKM di sekitar proyek PLTS Terapung Cirata dengan memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan mendukung operasional proyek dengan pendekatan profesional.

“Sehingga dapat menaikan kelas perusahaan lokal,” jelasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini