Jika Amerika dan Israel Kembali Mengusik, Iran Tak Ragu Beri Serangan Balik

Jika Amerika dan Israel Kembali Mengusik, Iran Tak Ragu Beri Serangan Balik Kredit Foto: Unsplash/Sepehr Aleagha

Situasi antara Iran dan Israel kembali memanas setelah serangan terhadap sebuah kapal tanker minyak pekan lalu yang dioperasikan Israel di lepas pantai Oman, yang dituduh Tel Aviv dilakukan oleh Teheran.

Kementerian Luar Negeri Iran pada Senin dengan tegas membantah bertanggung jawab atas serangan itu, dan berjanji untuk menanggapi dengan "cepat dan tegas" jika ada aksi militer dari Israel.

Baca Juga: Peringatkan Dunia, Menhan Israel Janji Balaskan Serangan Iran di Waktu yang Sangat Tepat

Pernyataan itu dikeluarkan setelah pejabat tinggi Israel memperingatkan "tanggapan tegas" terhadap serangan tersebut, yang merenggut dua nyawa warga AS dan Inggris.

"Iran tidak ragu-ragu dalam melindungi keamanan dan kepentingan nasionalnya dan akan segera menanggapi setiap manuver yang mungkin terjadi," kata juru bicara Kemlu Iran Saeed Khatibzadeh.

Khatibzadeh menyebut tuduhan yang dilontarkan AS dan Inggris terhadap Iran sebagai "kontradiksi, salah, dan provokatif".

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa Iran adalah “pembela pengiriman yang aman di Teluk Persia dan perairan internasional” dan “selalu siap untuk bekerja sama dalam memberikan keamanan maritim ke negara-negara di kawasan itu”.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Minggu mengatakan serangan itu "disengaja, ditargetkan, dan jelas merupakan pelanggaran hukum internasional", otoritas Inggris menuduh Iran melakukannya dengan menggunakan satu atau lebih drone.

Menyusul pernyataan Raab, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengatakan dia “yakin” bahwa itu dilakukan oleh Iran “menggunakan UAV peledak satu arah”.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini