Kisah Orang Terkaya: Benu Gopal Bangur, Penjual Semen yang Jadi Orang Terkaya di India

Kisah Orang Terkaya: Benu Gopal Bangur, Penjual Semen yang Jadi Orang Terkaya di India Kredit Foto: Twitter/Forbes India

Miliarder India, Benu Gopal Bangur, termasuk ke dalam salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 1931 ini adalah seorang pengusaha India, ketua Shree Cement. Bangur menempuh pendidikan di Universitas Calcutta.

Kakeknya, Mungee Ram Bangur adalah seorang pialang saham Calcutta, dan saudaranya Ram Coowar Bangur, memulai kerajaan bisnis Bangur pada akhir abad ke-19. Bangur berasal dari klan bisnis di Kolkata dan menguasai Semen Shree pada 1990-an setelah keluarga berpisah.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: August von Finck, Cucu dari Pendiri Awal Allianz

Pada tahun 1991, bisnis ini dipecah menjadi lima kelompok, yakni Balbhadra Das Bangur, Niwas Bangur, Kumar Bangur dan Benu Gopal Bangur (semua cucu Mungee Ram) dan Laxmi Niwas Bangur (cucu Ram Coowar).

Menurut Forbes, Bangur memiliki kekayaan bersih sebesar USD8,9 miliar (Rp127 triliun), per Agustus 2021. Pada tahun 2020, ia berada di peringkat ke-14 dalam daftar miliarder India Forbes.

Benu Gopal Bangur dinobatkan sebagai 'kaisar semen' karena kekayaannya berasal dari saham mayoritas di Shree Cement, salah satu produsen semen paling hemat biaya di India.

Shree dimulai pada tahun 1979 di Jaipur dengan menjual semen bermerek dengan nama Shree Ultra Jung Rodhak, Semen Bangur dan Rockstrong. Hari ini perusahaan dijalankan oleh putranya Hari Mohan Bangur dan cucunya Prashant.

Dalam peningkatan modal pertamanya dalam lebih dari dua dekade, Shree Cement mengumpulkan USD336 juta (Rp4,8 triliun) pada tahun 2019 melalui penempatan institusional.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini