Akhirnya! China dan India Setuju Tarik Tentara di Perbatasan yang Mematikan

Akhirnya! China dan India Setuju Tarik Tentara di Perbatasan yang Mematikan Kredit Foto: Asian News International

China dan India telah sepakat untuk menarik kembali pasukan dari titik gesekan lain di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan setelah pertemuan akhir pekan para komandan militer dari kedua belah pihak, menurut pejabat senior India yang mengetahui masalah tersebut.

South China Morning Post, Rabu (4/8/2021), mengutip para pejabat tersebut bahwa tentara akan menjauh dari daerah Lembah Galwan. Lokasi setidaknya 20 tentara India dan empat tentara China tewas pada Juni 2020 dalam salah satu bentrokan paling kejam antara dua tetangga bersenjata nuklir dalam lebih dari 40 tahun.

Baca Juga: Upgrade Pertahanan Udara, India Terima Rudal Anti-kapal Seharga USD82 juta dari Amerika

Perkembangan itu terjadi sehari setelah New Delhi dan Beijing mengeluarkan pernyataan bersama yang tidak biasa yang menggambarkan diskusi putaran ke-12 antara pejabat militer mereka sebagai "konstruktif", menunjukkan bahwa kedua pihak telah menemukan landasan bersama setelah lebih dari satu tahun ketegangan.

Zona demiliterisasi akan dibuat setelah pasukan dan artileri mundur dan daerah itu tidak akan dipatroli oleh kedua belah pihak untuk mencegah tentara saingan saling berhadapan, kata para pejabat. Zona larangan patroli serupa ada di bagian perbatasan lain yang disengketakan.

Juru bicara Angkatan Darat India Kolonel Sudhir Chamoli tidak segera mengomentari laporan tersebut.

Bahkan ketika kedua belah pihak beringsut menuju semacam resolusi konflik mereka, Tentara Pembebasan Rakyat pada Senin malam merilis klip video baru dari bentrokan brutal Juni lalu di Lembah Galwan.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini