Kuartal II-2021, Laba Bersih MAPA Capai Rp91,6 Miliar

Kuartal II-2021, Laba Bersih MAPA Capai Rp91,6 Miliar Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) yang bergerak di bidang sports, kids, dan leisure, mengumumkan kinerja keuangan kuartal ke-2. Penjualan bersih MAPA pada kuartal ke-2 tahun 2021 tercatat sebesar Rp1,6 triliun dengan margin laba kotor 43,4%. Laba usaha mencapai Rp155,9 miliar dengan EBITDA Rp308,4 miliar dan laba bersih sejumlah Rp91,6 miliar.

Pada semester pertama tahun 2021 yang berakhir pada 30 Juni, penjualan bersih MAPA mencapai Rp2,9 triliun, sementara margin laba kotor sebesar 43,2%. Laba usaha dibukukan sebesar Rp189,3 miliar, EBITDA Rp495,9 miliar, dan laba bersih Rp92,2 miliar.

Baca Juga: Semester Pertama Tahun 2021, ANJ Catat Laba Bersih Meningkat 332 Persen

MAPA mengalami pertumbuhan yang signifikan di kuartal kedua dengan penjualan yang melonjak lebih dari 25% dibandingkan kuartal pertama, ditopang oleh strategi digital Unified Retail yang terus membaik di pasar domestik Indonesia, ditambah dengan meningkatnya penjualan selama periode Lebaran pada bulan Mei. Peluncuran berbagai produk merek ternama untuk Running, Leisure wear, Fitness dan Kids, berhasil menangkap momentum full price yang kuat sehingga membantu menutupi turunnya penjualan jangka pendek akibat lockdown pandemi Covid-19 yang berkepanjangan pada pasar internasional di Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Kinerja MAPA di Indonesia berhasil mencapai target, meski menghadapi sejumlah tantangan termasuk pembatasan jam operasional mal, serta berbagai kendala logistik di tengah berlansungnya pandemi Covid-19.

"MAPA mengawali kuartal ke-2 dengan sangat baik dan terus akan berkembang. Perusahaan telah meraih pertumbuhan pendapatan dan keuntungan yang sangat baik dari kanal online multi brand dan mono brand didukung oleh peluncuran produk eksklusif para brand partner terpilih, yang menunjang perbaikan margin dan memberikan kontribusi langsung kepada laba bersih," kata Ratih D. Gianda, VP of Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Margin laba kotor meningkat selama 4 kuartal berturut-turut didukung oleh pemanfaatan program loyalty MAP CLUB yang memungkinkan MAPA untuk dapat menargetkan para anggota secara khusus terhadap berbagai merek sports atau merek-merek pilihan lainnya. Sementara itu, perbaikan tambahan di dalam fungsi analisa data produk, memudahkan alokasi produk-produk baru yang lebih baik untuk dipasarkan pada setiap gerai sehingga mendukung peningkatan keuntungan.

Ratih mengatakan, "Kami terus melipatgandakan kemampuan analisa data, terutama untuk anggota program loyalty. Hal ini memungkinkan kami untuk melakukan segmentasi produk yang tepat pada lokasi dan waktu yang tepat sehingga secara signifikan mengurangi aktivitas promosi dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya, sekaligus menjangkau spektrum pelanggan online yang lebih luas di seluruh wilayah usaha."

Penjualan digital meningkat lebih dari 20% pada kuartal ke-2 dipicu oleh peningkatan investasi pemasaran digital MAPA secara signifikan untuk mendukung strategi Unified Retail dalam melayani para pembeli sesuai dengan kenyamanan mereka, baik secara online ataupun offline.

Kontribusi penjualan digital mencapai lebih dari 12% di kuartal ke-2 dipicu oleh investasi pada peluncuran situs baru Skechers, New Balance, dan Crocs yang mulai menuai hasil, sedangkan platform market place menunjukkan pertumbuhan lebih dari 30% pada periode tersebut. Sementara itu, pada semester pertama tahun 2021, gerai multi brand online seperti Planet Sports dan Kidz Station tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menghadapi potensi tantangan ke depan sehubungan dengan pandemi Covid di Indonesia, Ratih menjelaskan, "Kami terus membangun bisnis perusahaan dari perspektif jangka panjang dan meyakini bahwa MAPA memiliki sumber daya untuk menangani tantangan jangka pendek sebagai dampak dari pandemi. MAPA akan tetap berinvestasi dalam merek-merek atau konsep ritel baru, yang dapat dimanfaatkan di seluruh platform Unified Retail baik dari penjualan online maupun offline. Kami percaya bahwa strategi ini dapat mengoptimalkan tingkat kunjungan para pembeli yang akan memaksimalkan potensi MAPA."

Di masa yang akan datang, MAPA menyadari bahwa kinerja jangka pendek akan tetap berfluktuasi akibat Covid-19. Namun, perusahaan akan terus membangun infrastruktur ritel di tingkat regional, termasuk meluncurkan platform loyalty pada kuartal pertama 2022. Fokus berkelanjutan pada investasi digital untuk menyatukan gerai dan situs e-commerce saat ini sedang berlangsung, sementara peluang ekspansi regional dengan para brand partner terpilih akan tetap menjadi prioritas.

"Potensi masa depan kami berpusat pada strategi jangka panjang. Kami yakin terdapat banyak peluang besar untuk memperluas pertumbuhan regional perusahaan melalui segmen usaha Sports, Leisure dan Kids," tutur Ratih menyimpulkan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini