Bulan Agustus, Harga Batubara Naik Jadi US$130,99 Per Ton

Bulan Agustus, Harga Batubara Naik Jadi US$130,99 Per Ton Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batubara acuan (HBA) sebesar US$ 130,99 per ton pada perdagangan sepanjang bulan Agustus 2021.

Angka ini meningkat US$ 15,64 per ton dari bulan Juli sebesar US$ 115,35 per ton. Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi  mengungkapkan meningkatnya permintaan batubara di China, Jepang dan Korea Selatan menjadi faktor utama kenaikan HBA di bulan Agustus.

Baca Juga: Pengadilan Resmi Keluarkan Penetapan Teguran terhadap Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara

"Melambungnya harga batubara dunia juga dipengaruhi musim penghujan yang ekstrem di China yang mengganggu kegiatan produksi dan transportasi batubara di negara tersebut, sementara kebutuhan batubara meningkat untuk keperluan pembangkit listrik yang melampaui kapasitas pasokan batubara domestik negara tersebut," ujar Agung di Jakarta, kemarin.

Agung mengungkapkan HBA terus menunjukkan tren menguat. Sempat melandai pada Februari-April 2021, HBA mencatatkan kenaikan beruntun pada periode Mei-Juli 2021 hingga menyentuh angka USD115,35 per ton di Juli 2021.

Ternyata, kenaikan tersebut terus konsisten hingga bulan Agustus 2021 dengan mencatatkan rekor tertinggi baru. “Angka HBA Agustus 2021 merupakan tertinggi lebih dari satu dekade terakhir. Sebelumnya, pada Februari 2011 rekor HBA tertinggi dicatatkan sebesar USD127,05 per ton,” ujarnya.

Sebagai informasi, HBA adalah harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8%, Total Sulphur 0,8%, dan Ash 15%.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini