Tanda Misterius dan Perban Muncul di Belakang Kepala Kim Jong Un, Kesehatannya Dipertanyakan

Tanda Misterius dan Perban Muncul di Belakang Kepala Kim Jong Un, Kesehatannya Dipertanyakan Kredit Foto: AP Photo/KCNA

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un muncul dengan bintik hitam di bagian belakang kepalanya selama kegiatan publik pekan lalu. Ini menjadi masalah kesehatan terbaru yang dihadapi Kim dalam beberapa tahun terakhir.

Penyebab atau sifat bintik besar berwarna hijau tua atau memar di sisi kanan belakang kepalanya, yang ditutupi perban di beberapa rekaman, masih belum diketahui dan sulit didiagnosis hanya dengan menggunakan gambar.

Baca Juga: Larangan Ekspor Metal Ingin Dicabut, Rezim Kim Jong-un Minta Dunia Peduli dengan Korut

NK News, Rabu (4/8/2021) melaporkan, itu terlihat selama acara militer yang dihadiri Kim dari 24-27 Juli, serta dalam cuplikan konferensi veteran perang dan acara terkait yang diadakan dari 27-29 Juli.

Tidak ada tanda-tanda dari penampilan publik sebelumnya pada pertemuan politbiro pada 29 Juni, dan foto-foto yang dirilis Kim pada penampilan dengan musisi pada 11 Juli tidak menunjukkan bagian belakang kepalanya.

kim-jong-un-82.jpg?quality=90&strip=all&w=1024

Rekaman video resmi Kim sepanjang acara minggu lalu tampaknya menghindari siaran langsung, tetapi media pemerintah juga merilis gambar dari peristiwa itu yang dengan jelas menunjukkan perban di sana.

Misteri kesehatan terbaru mengikuti pengakuan langka di media pemerintah tentang kekhawatiran baru-baru ini atas penurunan berat badan Kim Jong Un yang cepat pada bulan Mei, ketika seorang pria Pyongyang mengklaim di TV pemerintah bahwa penduduk Korea Utara khawatir tentang kondisinya yang "kurus".

Perban kepala Kim juga jauh dari tanda pertama cedera atau masalah kesehatan yang diungkapkan oleh media pemerintah yang dikontrol dengan hati-hati dalam beberapa tahun terakhir.

Selama penampilan pertamanya pada Mei 2020 setelah lama absen yang memicu spekulasi bahwa dia mengalami serangan jantung atau meninggal, rekaman menunjukkan titik gelap baru di lengan Kim yang menurut beberapa ahli medis mungkin terkait dengan masalah jantung. Tandanya masih terlihat tapi sudah memudar seiring berjalannya waktu.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini