Kisah Orang Terkaya: Sam Bankman-Fried, Miliarder Kripto Berharta Rp35 Triliun

Kisah Orang Terkaya: Sam Bankman-Fried, Miliarder Kripto Berharta Rp35 Triliun Kredit Foto: Twitter/financelygroup

Pendiri dan CEO FTX, Sam Bankman-Fried telah menjadi salah satu orang terkaya dunia berkat cryptocurrency. FTX adalah pertukaran mata uang kripto. Selain itu, ia juga mengelola aset senilai USD2,5 miliar (Rp35,8 triliun) melalui Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan cryptocurrency kuantitatif yang dia dirikan pada tahun 2017.

Sam Bankman-Fried lahir pada tahun 1992 di Stanford, California. Ia adalah putra dari Barbara Fried dan Joseph Bankman, keduanya profesor hukum dari Stanford Law School.

Pada tahun 2014, ia lulus dari Massachusetts Institute of Technology dengan gelar di bidang fisika. Bankman-Fried masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Finance pada tahun 2021.

Baca Juga: Covid-19 Ngamuk Lagi, Orang Terkaya Thailand Umumkan Bakal Bikin Obat Herbal Ampuh! Ini Obatnya

Bankman-Fried memulai karirnya di Jane Street Capital, sebuah perusahaan perdagangan berpemilik dengan memperdagangkan ETF internasional. Pada tahun 2017, ia mendirikan Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan kuantitatif dan FTX, pertukaran derivatif cryptocurrency. Pada tahun 2021, ia mendirikan Serum, pertukaran terdesentralisasi.

Per Austus 2021, kekayaan bersih Bankman-Fried diperkirakan mencapai USD8,7 miliar (Rp124 triliun). Kekayaannya meningkat secara substansial ketika FTX mengumumkan putaran ekuitas swasta senilai USD900 juta (Rp12,8 triliun) pada Juli 2021. Investor terkemuka di antaranya termasuk SoftBank Group Corp dan Sequoia Capital.

Dia mengklaim bahwa dia memulai Alameda Research untuk menyediakan likuiditas, sebuah layanan, yang menurut penyedia yang ada sangat banyak.

Meskipun berbasis di Hong Kong pada awalnya, layanannya saat ini sudah memiliki jangkauan internasional dengan kemampuan untuk beroperasi di setiap pasar dan pertukaran kripto.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini