Taliban Digempur dari Udara, Amerika dan Afghanistan Kompak Kepung di Wilayah Selatan

Taliban Digempur dari Udara, Amerika dan Afghanistan Kompak Kepung di Wilayah Selatan Kredit Foto: AP Photo

Serangan udara Amerika Serikat (AS) dan Afghanistan menghantam sasaran Taliban semalam di provinsi Helmand selatan. Serangan yang terjadi dalam upaya untuk mengusir gerilyawan setelah mereka merebut sebagian besar ibu kota provinsi Lashkar Gah, kata pejabat, Rabu (4/8/2021).

PBB dan Human Rights Watch (HRW) meminta kedua belah pihak untuk berhati-hati untuk mencegah korban sipil saat pertempuran berkecamuk.

Baca Juga: Bom Meledak di Rumah Menhan Afghanistan di Kabul, Taliban Kian Mengganas?

Taliban telah melancarkan serangan sengit selama beberapa bulan terakhir ketika pasukan AS dan NATO menyelesaikan penarikan mereka dari negara yang dilanda perang itu. Mereka telah mengambil petak-petak tanah yang luas dan sekarang mengarahkan senjata mereka ke pusat-pusat kota yang lebih besar.

Ghulam Wali Afghan, seorang anggota parlemen dari Helmand, mengatakan kepada The Associated Press bahwa kerabat dan konstituennya di Lashkar Gah telah memberi tahu dia tentang mayat-mayat di jalan-jalan dan penduduk yang bersembunyi di dalam rumah mereka, terlalu takut untuk keluar dan mengumpulkan orang mati.

Setelah malam serangan udara berat, Kementerian Pertahanan mengatakan pada Rabu (4/8/2021) bahwa Taliban telah menderita kerugian besar di Lashkar Gah, meskipun tidak ada cara segera untuk mengkonfirmasi pernyataan itu. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membantah kerugian tersebut.

Pihak berwenang tidak mengatakan apakah pasukan Afghanistan telah merebut kembali wilayah tersebut. Pada hari Selasa, penduduk dan pejabat mengatakan Taliban menguasai sembilan dari 10 distrik di kota itu.

Jatuhnya Lashkar Gah akan menjadi titik balik utama dalam serangan Taliban dan juga akan menjadi ibu kota provinsi pertama yang direbut oleh pemberontak dalam beberapa tahun. Pertempuran minggu ini telah membuat penduduk Lashkar Gah terperangkap dan berjongkok di dalam rumah mereka.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini